Kemendikbud Instruksikan Disdik Beri Sanksi Sekolah yang ‘Jual Kursi’

0
405

www.depoktren.com– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemedikbud) menginstruksikan dinas pendidikan (Disdik) di setiap daerah untuk memberi sanksi pada kepala sekolah yang terbukti melakukan transaksi ‘jual kursi’ dalam penerimaan peserda didik baru (PPDB) 2017. “Itu dilarang keras apa pun alasannya. Disdik harus memberikan sanksi bagi kepsek yang melakukan hal tersebut,” kata Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Hamid Muhammad, Minggu (2/7/2017).

Fenomena ‘jual kursi’ sekolah kerap mewarnai PPDB. Salah satu upaya mengatasi persoalan itu, yakni dengan mengeluarkan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017. Salah satu pasalnya, yakni mengamatkan untuk menyediakan kuota minimal 20 persen bagi siswa kurang mampu yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah itu. Permendikbud itu juga bertujuan untuk menghapus label sekolah favorit, unggulan dan lain-lain.

“Sekolah harus memenuhi kuota minimal 20 persen bagi siswa kurang mampu. Terutama siswa yang berdekatan dengan sekolah negeri itu,” terang Hamid.

Kendati demikian, Hamid mengatakan, Kemendikbud mempersilakan bagi sekolah yang kesulitan mendapat siswa kurang mampu di sekitar sekolah, bisa mengisi kekosongan dari siswa di luar zonasinya. “Kalau siswa miskinnya sudah habis, boleh digunakan untuk siswa lainnya di zona tersebut,” tegas Hamid. (Meidya/Ant)

 405 total views

LEAVE A REPLY