Sekolah Delapan Jam Sehari akan Diterapkan Bertahap

0
389

www.depoktren.com–Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah menjadi 8 jam sehari atau lima hari dalam seminggu terus disosialisasikan Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. 

“Penerapannya di Depok dilakukan secara bertahap dengan melihat kesiapan masing-masing sekolah terlebih dahulu,” kata Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin di Balai Kota Depok, Selasa (4/7).

Thamrin menjelaskan, mulai tahun ajaran baru  2017-2018 Kota Depok akan menerapkan secara bertahap kebijakan baru mengenai jam belajar siswa dan jam kerja guru tersebut. Kebijakan ini berlaku untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Melihat sarana dan prasarana SD di Kota Depok yang masih terbatas, kita akan menerapkan secara bertahap. Untuk SMP yang fasilitasnya sudah lengkap kita akan menawarkan terlebih dahulu untuk menerapkan kebijakan tersebut,” jelasnya.

Menurut Thamrin, kebijakan baru ini juga berlaku untuk jam kerja guru yakni hanya delapan jam dalam sehari. Sedangkan untuk kepala sekolah dibebaskan dari jam mengajar.

“Ini juga berlaku untuk jam kerja guru yakni delapan jam. Sementara kepala sekolah untuk tahun ajaran 2017-2018 dibebaskan dari jam mengajar, karena banyak kegiatan. Jadi, kepala sekolah sebagai manajer di sekolahnya masing-masing” papar Thmarin.

Diharapkan Thamrin, kebijakan baru ini dapat memberikan waktu yang lebih buat siswa untuk berkumpul bersama keluarga, sehingga dapat mendekatkan siswa dengan keluarganya. “Harapannya dengan perubahan jam belajar siswa, serta hari sekolah yang hanya dari Senin sampai Jumat dapat memberikan waktu yang leluasa bagi siswa untuk berkumpul bersama keluarga. Untuk kegiatan ekstrakurikuler hari Sabtu ditarik ke hari Jumat,” tutur dia. (Meidya)

 389 total views

LEAVE A REPLY