Perda KTR Efektif Tingkatkan Kesadaran Masyarakat di Depok

0
1237

www.depoktren.com–Berbagai upaya sosialisasi bahaya merokok di ruang publik terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Sosialisasi tersebut juga didukung dengan keberadaan Peraturan Daerah (Perda) No 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang dinilai cukup efektif meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membudayakan gaya hidup sehat.

Kepala Satpol PP Kota Depok, Dudi Mi’raz mengutarakan, semakin gencarnya sosialisasi dinilai efektif meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Perda KTR. Terlebih, dalam sosialisasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tidak sendiri. Tapi, melibatkan banyak pihak seperti, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.

“Kami juga sudah kerja sama dengan beberapa pusat perbelanjaan di Kota Depok untuk menjalankan Perda KTR sebagaimana mestinya. Perda tersebut sudah diterapkan, dan yang melanggar akan dikenakan sanksi ataupun denda sesuai aturan yang berlaku,” ujar Dudi di Balai Kota Depok, Kamis (13/7).

Dudi mengakui, untuk sosialisasi tersebut butuh kesabaran. Sebab, masih saja ada segelintir orang yang tidak mengindahkan Perda KTR. Namun, jika cara persuasif tetap tidak diindahkan, Satpol PP terpaksa bertindak tegas menertibkan masyarakat yang melanggar aturan.

“Memang masih saja ada orang yang dengan sengaja merokok di pusat perbelanjaan, padahal sudah jelas-jelas ruangan tersebut ber-AC. Untuk itu kami ingatkan, kami sita puntung rokok dan asbaknya lalu kami data KTP yang bersangkutan. Kita juga panggil pihak pengelolanya,” jelasnya.

Menurut Dudi, untuk efektivitas penerapan KTR, Satpol PP Kota Depok masih terus melakukan soalialisasi ke berbagai wilayah. Ini merupakan program Satpol PP untuk menegakkan Perda KTR dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya menghargai orang lain.

“Orang lain juga butuh udara bersih, mereka berhak mendapatkannya. Untuk itu, para perokok kami imbau agar tidak merokok di kawasan yang telah ditetapkan. Sosialisasi KTR akan kita mulai lagi pada Agustus mendatang. Mudah-mudahan dengan sosialisasi terus menerus dapat memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat arti penting dari udara bersih dan sehat,” pungkas Dudi. (Meidya)

 1,237 total views

LEAVE A REPLY