SDN 21 Mekarjaya akan Ciptakan Sekolah Sehat

0
341

www.depoktren.com–Status sekolah asri, sehat, dan nyaman sudah lama disandang SDN 21 Mekarjaya. Namun, untuk mencapai hasil seperti sekarang ini butuh kerja keras. Termasuk dukungan konkret dari banyak pihak terkait.

“Untuk mewujudkan sekolah yang sehat saya menyadari perlu andil banyak pihak, bukan saja pihak sekolah. Karena itu, saya turut mengajak para orang tua siswa untuk terlibat dalam upaya mewujudkan SDN 21 Mekarjaya ini sebagai sekolah yang sehat,” ujar Kepala Sekolah SDN 21 Mekarjaya, Beti Nurbaeti, Selasa (18/7/2017).

Menurut Beti, dengan keterlibatan orang tua, sekolah yang dipimpinnya akhirnya bisa meraih sejumlah penghargaan. Sebut saja Juara I Kantin Sehat pada tahun 2011, Juara I Sekolah Sehat se-kota Depok tahun 2013, Bintang Kantin tahun 2015, Juara Lomba Pemilihan Sampah pada tahun 2015 dan di tahun yang sama mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional. Tidak sampai di situ, pada 2016 pihaknya juga mendapatkan Juara Kebersihan se-Kota Depok.

“Penghargaan tersebut membuat kami kian bersemangat. Hubungan dengan orang tua semakin rekat. Bahkan, mereka juga dengan sukarela menghibahkan sejumlah tanaman agar suasana sekolah kian asri,” ungkap Beti.

Diutarakan Beti, slain kantin sehat, juga memperhatikan soal sampah. Ia paham betul bagaimana pentingnya memilah sampah kering dan basah. Hampir di setiap sudut ruangan ia menempatkan tiga sampai lima macam tempat pemilahan sampah. Mulai dari sampah plastik, organik kering dan basah, B3, dan residu.

Berbagai macam edukasi pemilahan sampah juga ia lakukan. Ia juga tidak sungkan mengundang dan memperkenankan kalangan akademisi yang ingin presentasi soal pemilahan sampah seperti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI). Sarana dan prasarana kebersihan pun ia sediakan. Seperti puluhan keran untuk cuci tangan yang diletakkan di sudut-sudut sekolah, tanaman-tanaman, kolam ikan, hingga gazebo.

“Dengan lingkungan sehat, makanan sehat, dan guru yang ramah akan tercipta suasana belajar yang nyaman. Semoga bila sudah demikian, pikiran anak-anak juga terbuka dan jauh lebih siap menyerap materi pelajaran,” pungkas Beti. (Meidya)

 341 total views

LEAVE A REPLY