Sebanyak 184 Pramuka Depok Siap Ramaikan Jambore Daerah

0
657

www.depoktren.com–Menyambut Hari Pramuka yang diperingati setiap 14 Agustus, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Depok siap meramaikan Jambore Daerah (Jamda). Rencananya pelaksanaan Jamda akan digelar 29 Juli hingga 5 Agustus 2017 diikuti 184 peserta.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Depok, Nina Suzana mengatakan, pihaknya meminta setiap ranting pramuka (tingkat kelurahan) untuk mengirimkan dua regu. Dikatakannya, setiap ranting mendapat kuota mengirim dua regu. Tetapi, apabila ada ranting yang tak mengirim perwakilan. Maka, kuota akan dialihkan ke ranting pramuka lainnya.

“Kuotanya akan dialihkan kepada ranting lain yang siap mengirim perwakilan hingga 5 regu. Sedangkan, setiap regu nantinya akan diisi delapan kontingen ditambah seorang pendamping,” tutur Nina., Selasa (18/7/2017).

Diutarakan Nina, setiap anggota pramuka yang dikirim, mereka harus dapat menampilkan bakat dan kemampuan. Untuk Kota Depok, anggota pramuka banyak yang memiliki potensi, baik dari kesenian atau di bidang lain.

“Dengan mengikuti Jamda, kami berharap anggota pramuka mendapat manfaat dan pengalaman. Nantinya, mereka dapat membagikan kepada pramuka lainnya,” terangnya.

Selain itu, saat ini Kota Depok sudah terbentuk kepengurusan Pramuka Peduli di tingkat kota. Untuk pelatihan sendiri, Dirinya menambahkan, sudah terjalin kerjasama beberapa instansi. Diantaranya Tagana, Damkar dan Komunitas Ciliwung

“Ada petunjukpelaksanaan (juklak) dari pusat mengenai Pramuka Peduli. Kami juga sudah membentuk, serta melatih kepengurusan Pramuka Peduli di Kota Depok. Selanjutnya, kami tinggal melatih terkait manajemen organisasi dan risikonya,” pamungkas Nina. (Supri)

 657 total views

LEAVE A REPLY