Andalkan SI MAWAS, Puskesmas Cilodong Lakukan Diteksi Dini Penyakit

0
640

www.depoktren.com–Puskesmas Cilodong kini telah mengembangkan aplikasi SI MAWAS (Sistem Informasi Mandiri dan Waspada Berbasis Masyarakat). Dengan aplikasi tersebut, dokter Puskesmas Cilodong bisa melakukan deteksi dini dan pelaporan penyakit masyarakat secara lebih cepat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong, Ambar Hardiani Widjajanti menjelaskan, sistem ini dibangun untuk mendeteksi dini dan sistem kegawatdaruratan demi meningkatkan pelayanan dan menurunkan angka kematian karena kasus penyakit di masyarakat.

“SI MAWAS kami ciptakan sebagai proyek perubahan di Puskesmas Cilodong yang mulai launching perdana pada tanggal 7 Juli 2017, sebagai pilot project di Kota Depok. Walaupun proyek perubahan ini sebagai bahan penelitian kami dalam kegiatan Diklatpim, namun kami sangat mengharapkan aplikasi ini dapat terus bertambah dan meluas manfaatnya bagi masyarakat,” tutur Ambar, Rabu (19/07/2017).

Ambar menambahkan, aplikasi SI MAWAS bisa dioperasikan dengan smartphone android melalui dukungan teknologi berbasis lokal (google maps) yang dijalankan melalui pemberdayaan komunitas remaja yang dikenal dengan Posyandu Remaja (Posmaja).

“Posmaja sebagai backbone proyek ini, diperkuat oleh dukungan LPM, WPA-KULDESAK, kader pengawas KDRT, Laskar TB dan Forum Anak,” ujarnya.

Ambar menyebutkan, ada fitur untuk 6 kasus penyakit yang disediakan pada aplikasi tersebut yaitu, BUMIL RESTI (Ibu Hamil dengan Resiko Tinggi), Gangguan GIZI,  penyakit menular yakni (TB & HIV-AIDS), penyakit tidak menular (diabetes mellitus, hipertensi, dan stroke), gangguan NAPZA dan Kesehatan Jiwa (KESWA), serta kekerasan terhadap anak dan perempuan. “Fitur ini sangat membantu sekali masyarakat dalam mengecek kesehatan,” tutupnya. (Supri)

 640 total views

LEAVE A REPLY