Kelurahan Jatijajar Optimalkan Pemilahan Sampah

0
380

www.depoktren.com–Upaya untuk mengurangi volume pengiriman sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung adalah dengan melakukan pemilahan sampah. Karena itu, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos mengoptimalkan keberadaan tempat pemilahan sampah yang terdapat di RW 07, 08, dan 09 untuk mengolah sampah non organik menjadi barang yang memiliki nilai jual.

“Dalam satu pekan, jumlah sampah yang berasal dari seluruh warga di Kelurahan Jatijajar sebanyak dua ton. Dari jumlah tersebut, sebesar 85 persen bisa kami olah di tempat pemilahan sampah yang ada di tiga RW,” kata Lurah Jatijajar, Sugino usai melaksanakan kegiatan Halal Bi Halal dengan warga, di Kantor Kelurahan Jatijajar, Rabu (19/7/2017).

Lanjut Sugino, selain dikirim ke tiga RW yang menjadi lokasi pemilahan sampah, pihaknya juga mengirimkan ke setiap bank sampah yang terdapat di hampir seluruh RW di Kelurahan Jatijajar. Nantinya, sambung Sugino, sampah yang sudah tidak dapat diolah, baru dikirimkan ke TPA di Cipayung.

“Sampah ini ada tiga bagian, ada sampah organik, non organik, dan residu. Untuk sampah organik, kami kirim ke tempat Unit Pengelola Sampah (UPS) terdekat. Kemudian, sampah non organik dikirim ke masing-masing bank sampah di setiap RW. Sedangkan untuk sampah residu, karena sudah tidak dapat dipakai lagi, baru dikirim ke TPA di Cipayung. Jumlah sampah residu yang kami kirimkan hanya sebesar 15 persen dari total sampah secara keseluruhan,” terangnya.

Dia menambahkan, nantinya seluruh RW di Jatijajar ditargetkan harus memiliki tempat pemilahan sampah sendiri. Sebab, diharapkan tidak akan ada lagi sampah di Kelurahan Jatijajar yang dikirim ke TPA Cipayung.

“Tahun 2018, sebanyak 14 RW yang ada di Kelurahan Jatijajar harus memiliki tempat pemilahan sampah. Sambil menuju target itu, kami terus imbau ke warga agar memanfaatkan sampah yang bisa diolah kembali menjadi barang yang lebih berharga. Mereka juga diminta lebih peduli dan mau menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (Meidya)

 380 total views

LEAVE A REPLY