Anak di Depok Wajib Imunisasi MR

0
562

www.depoktren.com–Untuk merealisasikan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menargetkan 536.266 anak di Kota Depok bisa mendapatkan imunisasi campak dan rubella. 

Imunisasi untuk anak usia 9 bulan hingga 15 tahun tersebut, diharapkan bisa dilakukan pada Agustus 2017 mendatang. “Nanti anak di Depok wajib imunisasi MR,” kata Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Rani di Balai Kota Depok, Kamis (20/7/2017).

Rani menjelaskan, imunisasi MR yang dilakukan pada Agustus 2017 akan dilakukan secara massal. Kegiatan ini sebagai upaya untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“Imunisasi MR tidak melihat apakah si anak sudah pernah melakukan imunisasi sebelumnya atau belum. Jadi, anak-anak wajib melakukan imunisasi MR,” tutur Rani.

Rani menjelaskan, imunisasi MR untuk bayi 9 bulan hingga anak 7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan sarana pelayanan kesehatan lainnya. Sedangkan usia 7 tahun hingga 15 tahun mendapatkan imunisasi di sekolah.

“Tempat pelaksanaan imunisasi MR di Kota Depok akan dilakukan di pos-pos pelayanan kesehatan dan sekolah mulai dari TK, SD, dan SMP, sehingga diharapkan target ratusan ribu anak mendapatkan imunisasi MR dapat terealisasi,” harap Rani. 

Menurut Rani, campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk, dan bahkan kematian. Sementara rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, tapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada ibu-ibu yang memiliki anak usia 9 bulan hingga 15 tahun melakukan imunisasi MR untuk mencegah penyakit campak dan rubella, sehingga anak-anak di Kota Depok bebas dari penyakit tersebut,” harap dia. (Meidya)

 561 total views

LEAVE A REPLY