Sebanyak 365 Anggota Tagana se-Jabar Ikuti Pembinaan di Depok

0
489

www.depoktren.com–Sebanyak 365 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Wilayah 1 mengikuti pembinaan dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat (Jabar). Pembinaan yang diberikan di Kantor Wali Kota Depok tersebut, tidak hanya mencakup kemampuan penanganan bencana dan distribusi bantuan, tapi juga pengetahuan terkait pemulihan psikologis bagi korban bencana.

“Kehadiran Tagana di masyarakat merupakan upaya pemerintah mengakomodir potensi masyarakat. Khususnya yang telah membentuk organisasi atau kelompok penanggulangan bencana dengan berbagai nama dan atribut yang lain,” kata Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, saat pembinaan di aula Dibaleka lantai 10, Jumat (21/7/2017).

Pradi menjelaskan, menyatukan semua organisasi tersebut dalam naungan Tagana dimaksudkan untuk memberikan aspek legalitas. Selain itu, juga untuk menyamakan tata cara dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang seragam bagi anggota Tagana  di Indonesia.

“Tagana dan pemerintah dapat menjalin sinergitas dengan pihak terkait, agar masyarakat bisa merasakan manfaat Tagana, terkhusus saat terjadi bencana,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jabar, Arifin Harun Kertasaputra menjelaskan, pihaknya memiliki tanggung jawab yang besar sebagai sektor terdepan dalam perlindungan sosial korban bencana. Di antaranya melalui penyediaan logistik, penanganan pengungsi dan layanan dukungan psikososial.

“Berkaitan dengan itu, peran kami mulai dari pra bencana, saat terjadi bencana, hingga pasca bencana,” tutur Arifin.

Pada kesempatan itu juga, Arifin menegaskan, peranan Tagana saat ini sudah semakin luas. Bahkan, bukan sekadar penanganan bencana alam, tetapi juga memiliki fungsi perlindungan sosial.

“Anggota Tagana juga dibekali kemampuan trauma healing. Karena korban bencana juga tidak hanya memerlukan perhatian kebutuhan fisiknya, tapi juga psikis. Jadi fungsi kita tidak berbenturan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” tutupnya. (Supri)

 489 total views

LEAVE A REPLY