Bank Sampah Solusi Atasi Sampah di Kelurahan Baktijaya

0
747

www.depoktren.com–Keberadaan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Cimanuk di dekat Kelurahan Baktijaya, menjadi perhatian serius. Untuk mengatasinya, pihak Kelurahan Baktijaya telah membuat program bank sampah agar volume sampah terus berkurang setiap harinya.

“Sebelum ada kantor kelurahan ini, TPS memang sudah ada. Solusi yang sedang kami garap yaitu pemilahan sampah dengan adanya bank sampah,” ujar Lurah Baktijaya, Ismet Sutisna, Senin (24/07/2017).

Ismet menyebutkan, rata-rata pengambilan sampah dari TPS Cimanuk Baktijaya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung sekitar 5-6 truk setiap harinya. Jumlah ini jauh lebih berkurang jika dibandingkan sebelum adanya program bank sampah yang diresmikan sejak tahun 2014. Lewat program bank sampah, kata Ismet, RW 9, 10 dan 16 mampu menekan volume sampah yang masuk setiap harinya.

“Setiap RW ada tempat penyimpanan (bank Sampah). Masyarakat tinggal menyimpan sampah-sampah yang sudah dipilah ke tempat yang disediakan, dan sesuai jadwal dari Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK) yang akan mengambil,” jelas Ismet.

Dengan keberadaan program ini, imbuh Ismet, ia menerima respons positif dari warga. Selain tidak membebani TPS, program ini menjadi pemasukan tambahan untuk warganya.

“Harganya memang kerap naik turun. Setahu saya yang gelas mineral itu Rp 2.500 per kilogram, sementara besi-besi bekas sekitar Rp 80 ribu per kilogram. Lumayan untuk tambahan,” tutupnya. (Supri)

 747 total views

LEAVE A REPLY