Surat Keterangan Jadi Solusi Penganti e-KTP Depok sementara

0
783

www.depoktren.com–Menunggu pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP yang tak kunjung selesai, surat keterangan (suket) dapat menjadi solusi penganti e-KTP Depok sementara.

Kelurahan Cilangkap, Depok mengeluarkan suket sebagai pengganti sementara e-KTP agar warga dapat mengurus berbagai perijinan.

“Ketersediaan blanko e-KTP merupakan kendala yang dialami secara nasional. Artinya tidak hanya warga Cilangkap maupun Depok saja yang merasakan. Untuk itu, upaya yang kami lakukan tentunya sesuai peraturan yang diterapkan secara nasional, yaitu merujuk Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, boleh menggunakan suket menggantikan identitas sementara,” jelas Lurah Cilangkap, Depok, Suaibun, Ahad (23/7/2017).

Suaibun menuturkan, saat ini terdapat 5.400 warga yang ada di daftar antre pencetakan e-KTP. Jumlah tersebut, merupakan warga yang telah melakukan proses perekaman, namun belum mendapatkan blanko e-KTP.

“Sebagian ada yang baru pindah domisili ke Kelurahan Cilangkap, kemudian ada juga yang baru masuk usia 17 tahun, ada juga warga yang berganti identitas pekerjaan maupun status perkawinannya,” terang Suaibun.

Dia menambahkan, suket tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh warga Cilangkap yang belum memiliki e-KTP. Selain itu, dirinya mengimbau kepada pihak swasta maupun instansi agar dapat menerapkan penggunaan suket sebagai pengganti kartu identitas yang bersifat sementara.

“Karena beberapa kali kami mendapat laporan dari warga, terdapat sejumlah instansi swasta yang masih meminta KTP meskipun sudah diberikan suket. Hal ini yang terus kami sosialisasikan, baik kepada masyarakat, maupun instansi swasta yang berada di Kelurahan Cilangkap, keberadaan suket tersebut sudah diatur undang-undang,” pungkas Suaibun. (Meidya)

 784 total views

LEAVE A REPLY