Ini Komentar Warga Depok Soal Penerapan Sistem Satu Arah di Jalan Dewi Sartika

0
989

www.depoktren.com–Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menerapkan sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara pada Sabtu 29 Juli 2017 mendatang mendapat tanggapan beragam dari warga Depok. “Wah, bakalan repot nih, jadi muter-muter deh,” kata Nanda warga Kelurahan Beji, Depok, Sabtu (22/7/2017).

Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkot Depok akan melakukan sosialiasi dan uji coba penerapan sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara, pada Senin 24 Juli 2017 hingga Jumat 28 Juli 2017. “Jalan Dewi Sartika sudah sejak lama biang macet. Makanya, aneh saja diijinkan adanya Transmart di kawasan itu, pastinya tambah macet. Apalagi pada Sabtu dan Minggu semakin macet dan semerawut,” tutur Dendi, warga Rawa Denok, Pancoran Mas, Depok.

Biang kemacetan Jalan Dewi Sartika, disebabkan adanya perlintasan rel kereta api, dan banyaknya pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang serta menyempitnya jalan di pertigaan Jalan Kartini dan perempatan ke arah Jalan Sawangan, Jalan Pitara dan Jalan Nusantara. Kini kemacetan semakin semerawut setelah adanya Transmart. “Selain adanya Transmart, kemacetan juga disebabkan adanya perlintasan rel kereta api. Kayaknya walaupun jalan satu arah, tetap aja bakalan macet,” tutur Fernando, warga Sawangan Depok.

Fernando juga mengungkapkan dampak kemacetan di Jalan Dewi Sartika berimbas kemacetan cukup panjang di Jalan Raya Sawangan. “Kemacetan cukup panjang hingga satu kilometer dan ditempuh dalam waktu 1,5 jam untuk menuju Jalan Margonda,” paparnya.

Seorang warga Perumnas Depok I, Aulia berharap penerapan sistem satu arah, benar-benar akan mengatasi kemacetan dan bukan terjadi pemindahan kemacetan. “Saya berharap kawasan tersebut akan terbebas dari macet, bulan justru macetnya pindah ke Jalan ARH dan Jalan Nusantara,” harapnya.

Kepala Dishub Pemkot Depok Gandara Budiana mengatakan, Jalan Dewi Sartika nantinya hanya akan digunakan untuk kendaraan dari arah Jalan Raya Sawangan yang hendak menuju pertigaan Jalan Raya Kartini. “Satu arahnya dari barat ke timur,” kata Gandara.

Diutarakan Gandara, pengendara dari Jalan Raya Kartini dan yang hendak mengarah ke Jalan Raya Sawangan akan dialihkan memutar di Jalan Arief Rahman Hakim (ARH). “Pemberlakuan jalan satu arah tersebut bukan karena adanya Transmart, tapi memang Jalan Dewi Sartika sudah semakin macet dan semerawut. Jadi diharapkan dengan sistem satu arah, kemacetan dapat diatasi,” jelasnya. (Supri)

 990 total views

LEAVE A REPLY