Sebanyak 1.120 Petani di Depok akan Dapat Kartu Tani

0
709

www.depoktren.com–Sebanyak 1.120 petani di Depok akan memiliki identitas diri yang jelas berupa kepemilikan Kartu Tani. Kartu yang dibuat sesuai aturan Kementerian Pertanian tersebut, akan menguntungkan petani ketika ada bantuan pupuk dan sebagainya.

“Petani di Depok akan memiliki Kartu Tani sebagai identitas peserta, sosialisasi sudah kita lakukan beberapa waktu yang lalu. Data petani sedang kita verifikasi, mudah-mudahan akhir Juli ini sudah selesai,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Hermin Kusmiati, di Balai Kota Depok, Jumat (28/7/2017).

Menurut Hermin, Kartu Tani akan berfungsi untuk mendapatkan bagian pupuk bersubsidi dari pemerintah. Petani cukup menunjukkan kartu tersebut setiap transaksi di agen pupuk. Petani yang berhak mendapatkan Kartu Tani adalah mereka yang sudah tergabung dalam Kelompok Tani.

“Kami memiliki Kelompok Tani sebanyak 136 dengan anggota mencapai 1.120. Nantinya mereka bisa membeli pupuk dengan harga subsidi sebesar Rp 1.750 per kilogram untuk pupuk urea. Harga ini jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga pupuk yang tidak bersubsidi yaitu sebesar Rp. 8.500 per kilogram,” papar Hermin.

Diutarakan Hermin, Kartu Tani akan berbentuk seperti kartu ATM biasa dan terkoneksi dengan sistem yang dikembangkan. Untuk di Depok akan bekerja sama dengan Bank Mandiri. Sedangkan isi kartu, berisi dokumen mengenai luas lahan, kebutuhan pupuk, bibit, serta komoditas yang dikembangkan petani.

“Saat ini untuk penyaluran bantuan sudah sangat efisien, karena sudah tidak melalui kami lagi, tapi, langsung ke petaninya dengan menggunaan Kartu Tani tersebut. Ke depan, bukan hanya pupuk saja yang bisa ditebus menggunakan Kartu Tani, tapi juga barang lainnya sesuai kebutuhan,” tutur Hermin. 

Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Tapos, Depok, Oman Suganda menyambut gembira diberikannya Kartu Tani untuk para petani. “Pastinya cukup membantu para petani,” katanya.

Diutarakan Oman, dengan adanya Kartu Tani, tentu akan semakin meningkatkan kesejahteraan para petani. “Kartu Tani dapat membantu dan meningkatkan kerja para petani untuk meningkatkan hasil pertanian dengan kualitas tinggi. Kami berharap Kartu Tani segera terwujud dan menjamin kemudahan memperoleh kebutuhan kerja para petani,” harapnya.

Diungkapkan Oman, khususnya di Kecamatan Tapos, geliat pertanian masih sangat tinggi dan menjadi salah satu lumbung untuk memenuhi kebutuhan pangan warga Depok. “Ada lima Kelompok Tani di Kecamatan Tapos yang menggarap 26 hektar lahan pertanian,” ungkapnya. (Meidya)

 709 total views

LEAVE A REPLY