UKW Dewan Pers, 4 Wartawan Depok Lulus Cukup Baik dan Memuaskan

0
721

www.depoktren.com– Sebanyak 41 wartawan dari seluruh Indonesia mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) selama 2 hari, Jumat 28-Sabtu 29 Juli 2017.

Namun, dari hasil UKW yang diikuti wartawan dari seluruh Indonesia itu, sebanyak 5 wartawan dinyatakan tidak lulus. Adapun 4 wartawan dari Depok lulus dengan predikat cukup baik dan memuaskan, yakni Rusdy Nurdiansyah (Republika) lulus cukup baik dan memuaskan tanpa catatan, sedangkan Rahmad Tarmuji (Jurnal Depok), Wahyu (Metro Depok) dan Fitra Ratori (Depoknews) lulus cukup baik dan memuaskan namun dengan catatan.

“Rusdy lulus tanpa catatan, semua syarat terpenuhi. Koran Republika juga sudah terverifikasi Dewan Pers sedangkan 3 wartawan dari Depok lainnya, masih harus melengkapi verifikasi medianya,” ujar salah seorang penguji, Wawan Djuwarna, Sabtu (29/7/2017).

Ketua PWI Kabupaten Bogor Khoirul Azwar mengungkapkan, dengan ikutnya wartawan Depok dalam UKW ini maka kedepan diharapkan pemberitaan di Depok semakin berimbang karena di dukung wartawan yang berkompeten. “Ada 5 wartawan yang ngga lulus yakni 1 dari Bekasi, 1 dari Lampung dan 3 dari Bogor,” ungkap Khoirul.

Ketua Tim Penguji dari PWI Pusat, Kamsul Hasan mengatakan berdasarkan amanat UU dan Peraturan Dewan Pers, UKW itu wajib diikuti para wartawan. “Pada tahun 2018, Dewan Pers akan meminta perusahaan media massa untuk mewajibkan para wartawannya ikut UKW. Nanti semua wartawan yang sudah lulus UKW, namanya akan muncul di website Dewan Pers dan sudah berkompeten bertugas sebagai wartawan,” tutur Kamsul.

Rusdy bersyukur dapat lulus UKW dan mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang mendukung ke empat wartawan Depok mengikuti UKW. “Alhamdulilah, kami lulus semua dengan predikat cukup baik dan memuaskan,” ucap Ketua Dewan Pembina Depok Media Center (DMC).

Khususnya, lanjut Rusdy, ucapan terima kasih untuk nara sumber saat tes uji Menghubungi Narasumber dapat dihubungi yakni, kepada Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, Anggota DPRD Jabar Hasbullah Rahmad, Anggota DPRD Depok Suparyono, Kepala Badan Keuangan Daerah Depok, Nina Suzana, Kadis DKUM Depok, M Fitriawan dan Kabid Sapras DKP Depok, H Ridwan. (Meidya)

 721 total views

LEAVE A REPLY