Kota Depok akan Dijadikan Percontohan Program Kartu Tani

0
536

www.depoktren.com–Kementerian Pertanian jadikan Kota Depok sebagai salah satu pilot project program Kartu Tani. Kartu yang bentuknya seperti kartu ATM tersebut, akan lebih memudahkan petani di Kota Depok untuk mendapatkan pupuk murah dan bantuan permodalan di bank yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

Program Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi. ”

Keunggulan dari kartu tani ini antara lain satu data dalam satu kartu, proses validasi berjenjang secara online, transparan dan multifungsi karena bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Hermin Kusmiati, di Balai Kota Depok, Selasa (1/8/2017).

Hermin mengutarakan, keunggulan bagi DKPPP Depok adalah dapat mengetahui produktivitas lahan suatu daerah. Dengan Kartu Tani diharapkan menjadi era baru untuk mensejahterakan petani di Indonesia, khususnya di Kota Depok.

“Saat ini kerja sama memang hanya sebatas untuk menebus pupuk bersubsidi. Jika petani harus membayar pupuk di luar seharga Rp 8.500 per kilogram, dengan menggunakan Kartu Tani, petani bisa mendapatkan harga Rp 1.750 per kilogram. Harga ini cukup membantu, karena bagi mereka pupuk itu sangat dibutuhkan,” jelasnya. 

Herman berharap, nantinya semua petani bisa memiliki Kartu Tani yang hanya diluncurkan di lima provinsi saja yaitu Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. “Ke depan kartu ini diharapkan tidak hanya untuk mempermudah petani memperoleh pupuk dengan harga terjangkau. Tapi, juga memberi kemudahan akses ke perbankan sekaligus memudahkan pemerintah mendapatkan data yang akurat untuk produksi pertanian di wilayah masing-masing. Mudah-mudahan kartu ini bisa membantu para petani Kota Depok yang jumlahnya mencapai 1.120 petani,” terang Hermin. (Meidya)

 536 total views

LEAVE A REPLY