Kurangi Kemacetan, Solusinya Bangun Underpass di Perlintasan Kereta di Depok

0
419

www.depoktren.com–Solusi mengatasi kemacetan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana akan membangun jalan bawah tanah atau underpass di pintu perlintasan rel kereta di Jalan Dewi Sartika.

“Ini sebagai salah satu solusi kemacetan serta kesemrawutan arus lalu lintas di Depok. Tak ada pilihan lain dan harus dibangun underpass,” ujar Wali Kota Depok Muhammad Idris usai memantau uji coba Sistem Satu Arah (SSA), Selasa (1/8/2017).

Menurut Idris, usulan dan permohonan pembangunan underpass sudah diajukan ke Pemerintah Pusat. “Menunggu persetujuan saja, kami akan terus secepatnya mengejar usulan dan rencana pembangunan Underpass tersebut,” terangnya.

Diutarakan Idris, perlintasan kereta ditutup setiap tiga menit sekali saat KRL lewat. Hal itu, salah satu penyebab kemacetan di Jalan Dewi Sartika terutama di saat jam sibuk kerja, pagi dan sore hari. “Saat uji coba SSA, kemacetan masih terjadi karena salah satunya adanya perlintasan kereta,” tuturnya.

Hasil evaluasi uji coba SSA selama dua hari ini dinilai masih banyak yang harus diperbaiki, mulai pemasangan rambu lalulintas di persimpangan Jembatan Sengon, penambahan menit lampu hijau persimpangan jalan dari delapan menit menjadi 18 hingga 20 menit dan diperlukan pelebaran jalan. 

“Volume kendaraan yang besar dan ruas jalan yang tak memadai dan menyempit juga merupakan penyebab terjadi kemacetan, terutama di Jalan Arif Rahman Hakim (ARH) sebagai jalan penghubung. Untuk itu, kami juga berencana akan melakukan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Pradi Supriatna, menambahkan keluhan berkaitan imbas uji coba SSA di sejumlah jalan penghubung maupun utama di Depok memang sudah diprediksi sebelumnya karena Depok memang tidak memiliki penambahan maupun jalan baru yang memadai.

“Evaluasi dilakukan selama semingu dan setiap hari akan di cek serta kami terbuka mendapatkan usulan, kritik dan saran berkaitan uji coba SSA selama dua minggu,” tegas Pradi. (Meidya)

 418 total views

LEAVE A REPLY