Pemkot Depok Minta Dilebarkan 4 Jalan Nasional

0
1421

www.depoktren.com–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Depok meminta Kementerian PUPR untuk melakukan percepatan pelebaran jalan di 4 jalan yang statusnya saat ini menjadi jalan nasional. 

Keempat jalan tersebut adalah Jalan Nusantara, Jalan Raya Sawangan, Jalan Raya Muchtar dan Jalan Raya Sawangan arah Ciputat.

Pelaksanaan penerapan uji coba Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara yang diberlakukan sejak Sabtu (29/7) menimbulkan masalah baru yakni munculnya kemacetan baru di jalan-jalan penghubung, seperti di Jalan Arif Rahman Hakim (ARH) dan Jalan Muctar Sawangan.

“Sejak 2015 berdasarkan keputusan Kementerian PUPR, keempat jalan tersebut statusnya meningkat dari jalan provinsi menjadi jalan nasional. Untuk kegiatan peningkatan pemeliharaan pembangunan maupun pelebaran jalan, menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR, termasuk pelebaran jalan yang dijanjikan,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, Selasa (1/8/2017).

Manto mengutarakan, keempat jalan tersebut akan diperlebar dari ukuran sebelumnya 15 Right Of Way (ROW) menjadi 24 ROW. Detail Engineering Design (DED) sudah dibuat sejak 2016, namun sampai saat ini pihaknya belum mendapat kabar kapan akan dilaksanakan.

“Kita akan terus dorong agar Kementerian PUPR dapat melaksanakan pelebaran jalan yang akan menelan anggaran kurang lebih Rp 1,9 triliun tersebut. Namun, tidak dapat dimungkiri ada prioritas yang harus diutamakan. Kami hanya bisa mengingatkan pada pertemuan di setiap kesempatan,” tutur Manto.

Dia berharap, dengan tingginya jumlah kendaraan dan pertambahan penduduk yang terus meningkat, masyarakat diminta untuk bersabar hingga ada realisasi pelebaran jalan. “Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin, akan segera terwujud pelebaran jalan keempat jalan nasional tersebut,” tegas Manto. (Meidya)

 1,421 total views

LEAVE A REPLY