Dukung Program Indonesia Bebas Campak 2020

0
392

www.depoktren.com–Puskesmas Sukmajaya menjadi salah satu Puskesmas di Depok yang melakukan program imunisasi Measles Rubella (MR) kepada anak usia 9 tahun hingga 15 tahun. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungannya terhadap program Indonesia bebas campak 2020.

“Tujuan kegiatan ini untuk menurunkan jumlah kasus penyakit campak dan rubella di Indonesia. Karena targetnya di tahun 2020 Indonesia bebas penyakit campak dan rubella,” ujar Kepala UPT Puskesmas Sukmajaya, Sih Mahayanti di Puskesmas Sukmajaya, Depok, Selasa (1/8/2017).

Sih menjelaskan, sasaran sosialisasi MR antara lain PAUD-TK, SD/MI, klinik, rumah sakit swasta, bidan praktik mandiri, kader PKK, dan lintas sektoral lainnya. “Di berbagai negara barat imunisasi MR ini telah dilakukan sejak lama. Indonesia baru tahun ini, itu pun masih dalam wilayah Jawa Barat terlebih dahulu,” jelasnya.

Dokter Puskesmas Sukmajaya, Irwan Machjudin menambahkan, penyakit campak dan rubella ini memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan demam, ruam ringan, batuk pilek, mata merah dan sakit. Komplikasi infeksi telinga, diare, dan radang paru-paru yang menyebabkan kematian, juga karena penyakit campak.

“Bila infeksi campak terjadi pada wanita hamil, terutama pada trimester pertama, dapat mengakibatkan aborsi spontan. Selain itu, anak berpotensi mengalami kelainan jantung, gangguan pendengaran, dan penglihatan,” papar Irwan. (Meidya)

 393 total views

LEAVE A REPLY