Perusahaan Pembuang Limbah ke Situ dan Sungai akan Ditindak Tegas

0
691

www.depoktren.com–Perusahaan pembuang Llmbah ke situ dan sungai di Depok akan ditindak tegas. Penindakan tegas bagi perusahaan yang terbukti membuang limbah di situ maupun sungai yang ada di lingkungan sekitar perusahaan tersebut sebagai bentuk upaya pencegahan pencemaran lingkungan.

“Kami akan terus berupaya untuk menciptakan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat. Kalau ada perusahaan yang kedapatan membuang limbahnya di situ dan sungai, maka kami akan panggil perusahaan tersebut untuk dilakukan pemeriksaan kelengkapan perijinannya,” ujar Camat Cimanggis, Henry Mahawan, Jumat (4/8/2017).

Selain itu, lanjut dia, juga akan melaporkan perusahaan pembuang limbah ke situ dan sungai tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok selaku pihak yang berwenang untuk menindak pelanggaran tersebut.

“Kami juga akan melakukan pemantauan secara berkala di sejumlah titik yang terindikasi dijadikan tempat oleh sejumlah perusahaan untuk membuang limbahnya. Salah satunya, di Situ Rawa Kalong yang terletak di RW 01 dan 08, Kelurahan Curug., Cimanggis, Depok. Kami sudah mengkonfirmasi untuk meninjau langsung ke lokasi tersebut. Bila terbukti membuang limbah, maka akan kami langsung panggil perusahaan tersebut,” jelas Henry.

Dia menambahkan, pihaknya terus mengimbau kepada semua perusahaan yang ada di Kecamatan Cimanggis agar tidak membuang limbah secara sembarang. Sebab, hal tersebut melanggar Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
“Kami juga mengimbau kepada semua masyarakat, apabila menemukan perusahaan yang dengan sengaja membuang limbahnya ke sungai atau situ, maka segera laporkan kepada kami. Maka kami akan lakukan langkah cepat untuk mengecek laporan tersebut,” pungkas Henry. (Meidya)

 691 total views

LEAVE A REPLY