IAI Depok Ajak Perangi Obat-obatan Palsu

0
1749

www.depoktren.com–Perkembangan obat-obatan palsu kian memprihatinkan. Karena tak hanya menimbulkan risiko terhadap kesehatan, namun juga merugikan masyarakat. Untuk itu, semua pihak harus memerangi sekaligus menyosialisasikan bahaya obat-obatan palsu ke masyarakat.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kota Depok, Fatima Sekar Ningsih mengatakan, pihaknya mendukung upaya memerangi obat-obatan palsu. Dengan jargon DAGUSIBU kepanjangan dari Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang, IAI ingin menyosialisasikan ke masyarakat untuk mengkonsumsi obat-obatan secara benar.

“Kami ikut menyosialisasikan gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat). Masyarakat diperkenalkan bagaimana membuang obat-obatan yang benar. Sebab, tak menutup kemungkinan obat-obatan yang dibuang utuh dapat disalahgunakan,” tutur Fatima beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, dengan sosialisasi Gema Cermat, masyarakat diminta untuk menggunakan obat-obatan dengan benar. Salah satunya bisa dengan bertanya ke pihak fasilitas kesehatan mengenai informasi obat-obatan secara akurat.

“Jangan sampai membeli obat tanpa resep dokter. Obat merupakan senyawa-senyawa kimia, sehingga tidak dibenarkan membeli atas keinginan sendiri. Jika telah salah mengkonsumsi obat, contohnya antibiotik, dapat berdampak kepada resistensi terhadap obat,” terangnya.

Fatima menambahkan, dalam berkegiatan, pihaknya selalu menyisipkan sosialisasi mengenai penggunaan obat-obatan. Misalnya saat mengadakan kegiatan donor darah.

“Jadi aksi sosial donor darah, tim IAI juga melakukan sosialisasi. Saat masyarakat menunggu giliran donor darah, kami segera sisipkan edukasi mengenai penggunaan obat-obatan secara benar,” tandasnya. (Meidya)

 1,749 total views

LEAVE A REPLY