Olahraga Tradisional akan Dijadikan Ekstrakurikuler di Sekolah

0
1855

www.depoktren.com–Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok berencana memasukkan olahraga tradisional dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah di Depok. “Ini untuk melestarikan olahraga tradisional,” kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok, Muhammad Fahmi di Balai Kota Depok, Senin (7/8/2017).

Menurut Fahmi, sebagai langkah awal, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Depok agar rencana itu bisa langsung disosialisasikan.

“Beberapa jenis olahraga tradisional yang akan disosialisasikan tersebut di antaranya dagongan, enggrang, galasin, dan sumpitan,” terangnya.

Fahmi mengutarakan, olahraga tradisional butuh upaya untuk melestarikannya dari kepunahan.
“Perlunya pelestarian permainan tradisional untuk mengingat budaya masa lalu, hal ini bisa dilakukan di tengah masyarakat maupun di sekolah,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, belum lama ini, pihaknya pun sudah berpartisipasi dalam event lomba tradisional yang dilaksanakan di tingkat provinsi. Selain dilombakan kegiatan itu juga dapat dimasukkan jadi ekstrakurikuler sehingga dapat memacu anak-anak untuk terus melestarikan budaya nusantara.

“Olahraga tradisional ini merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan, sekarang sangat jarang sekali anak-anak memainkan olahraga tradisional. Lewat kegiatan ini mereka dapat mengenal olahraga tradisional,” ungkap Fahmi. 

Dia menambahkan, sebagai warisan budaya, olahraga tradisional sekarang ini wajib dikenalkan kepada anak-anak SD sejak dini, agar kembali membudaya di masyarakat. “Kita kenalkan lagi kepada anak-anak usia SD, karena ke depan Disporyata akan menjadikan olahraga tradisional ini sebagai kegiatan ekstrakurikuler,” pungkas Fahmi. (Meidya)

 1,856 total views

LEAVE A REPLY