Tingkatkan Kompetensi, Bidan di Depok Ikut Pelatihan Midwifery Update

0
997

www.depoktren.com–Demi meningkatkan kompetensi, 333 bidan di Kota Depok mengikuti pelatihan Midwifery Update di Desa Gumati Convention & Resort, Kabupaten Bogor pada 6-8 Agustus 2017. Pelatihan tersebut sangat dibutuhkan bidan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR).

“Pelatihan ini penting bagi bidan supaya bidan bisa perpanjang ijin praktik dengan mengajukan Surat Ijin Praktik Bidan (SIPB). Tak hanya itu, pelatihan ini juga untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan bidan. Agar mereka dapat memberi pelayanan yang berkualitas terhadap kesehatan ibu, bayi, balita dan kesehatan reproduksi, termasuk pelayanan Keluarga Berencana (KB),” jelas Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Depok, Hendrawati Setiani, beberapa waktu lalu.

Hendrawati mengutarakan, pelatihan Midwifery Update digelar oleh IDI Depok sesuai kebijakan Pengurus Pusat (PP) IBI mengenai perpanjangan STR dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (RI), sebagai syarat SIPB selama lima tahun. Kemudian, untuk penyelenggaraannya diserahkan kepada Pengurus Cabang IBI didampingi pemantau Pengurus Daerah IBI Provinsi. “Jadi dengan pelatihan ini, para bidan harus mengurus kembali STR. Supaya ada legalitas dalam memberikan praktik,” terangnya.

Dia menambahkan, tidak semua bidan memiliki STR. Namun, bila mereka merupakan anggota IBI, maka memang wajib memiliki STR dan SIPB untuk menjamin legalitas praktik tersebut. Sebab, pihaknya akan merekomendasi para bidan untuk mengurus STR. “Kami berharap kompetensi dan keterampilan bidan dapat meningkat, dengan mengikuti pelatihan Midwifery Update tahun 2017,” harap Hendrawati. (Meidya)

 998 total views

LEAVE A REPLY