KPU Depok Masuk Sekolah Sasar Pemilih Pemula

0
316

www.depoktren.com–Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Titik Nurhayati mengungkapkan bahwa telah meresmikan Padepokan Pintar Pemilu (Papinlu) di Kantor KPU Kota Depok, Jumat (11/08/2017) lalu.

Dengan kehadiran Panpilu diharapkan jumlah partisipasi aktif pemilih di Kota Depok pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 diharapkan meningkat. 

KPU Depok juga menjalin sinergitas dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, serta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, untuk mensosialisasikan wawasan pemilu dan demokrasi bagi pemilih pemula di sejumlah sekolah yang ada di Kota Depok.

“Tahun ini, selain meresmikan Papinlu di Kantor KPU Depok, kami juga akan melakukan metode jemput bola dengan menjadi guru tamu terkait penanaman wawasan pemilu dan demokrasi di semua sekolah di Kota Depok,” jelas Titik, Senin (14/8/2017).

Titik menuturkan, pentingnya pemahaman berdemokrasi tidak hanya dapat diterapkan pada saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). Namun, sambung Titik, hal tersebut juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Proses berdemokrasi ini berasal dari kehidupan yang kita jalani setiap hari. Melalui demokrasi, para pelajar akan mempelajari bagaimana cara mengemukakan pendapat dengan baik, kemudian bagaimana cara mereka menghormati pendapat orang lain, serta cara mendiskusikan perbedaan pendapat tersebut dengan bermusyawarah,” terangnya.

Titik menambahkan, KPU Depok juga memiliki sejumlah program jangka panjang terkait penanaman wawasan pemilu dan demokrasi tersebut. Salah satunya, dengan mendorong lembaga pendidikan agar memasukan pemahaman pemilu dan demokrasi ke dalam materi pelajaran yang diajarkan di sekolah.

“Nantinya, kami berharap agar pemilu dan demokrasi ini dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), sehingga, setiap pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai,” harap Titik. (Supri)

 316 total views

LEAVE A REPLY