Dimas Ekky Pratama, Pembalap Depok Ukir Berbagai Prestasi di Kancah Internasional

0
746

www.depoktren.com—-Kota Depok tidak hanya dikenal sebagai bagian dari kawasan metropolitan yang berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta. Namun, Depok juga terkenal sebagai daerah yang menghasilkan banyak atlet dengan prestasi yang mumpuni di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya Dimas Ekky Pratama (25), pemuda asal Kecamatan Cilodong Kota Depok, yang mampu mengukir berbagai prestasi balap motor di level internasional.

Dimas mengatakan, keberhasilannya dalam meraih berbagai prestasi di ajang balap motor internasional tersebut berasal dari kegemarannya untuk mengikuti kompetisi balap motor sejak usia dini. Saat itu, sambung Dimas, dirinya telah mengikuti berbagai macam perlombaan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

“Sejak kelas VI SD saya sudah mengikuti ajang balap motor bebek yang digelar di Kota Depok. Sampai pada tahun 2009 kedua orangtua saya membelikan sepeda motor 600 cc untuk digunakan dalam berlatih, serta meningkatkan kemampuan balap saya,” jelas Dimas, Rabu (23/8/2017).

Sejak saat itu, Dimas menuturkan, berbagai kompetisi mulai dari tingkat nasional maupun internasional terus dirinya ikuti. Dari berbagai perlombaan tersebut, dirinya telah meraih sejumlah prestasi yang membanggakan.

“Untuk di level nasional, saya berhasil meraih peringkat dua pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Supersport 600 cc pada tahun 2012. Serta memperoleh peringkat ke-3 di ajang kompetisi yang sama di tahun berikutnya,” terangnya.

Lebih lanjut, pembalap yang akrab dengan nomor 20 tersebut juga telah meraih sejumlah prestasi balap internasional. Seperti, peringkat enam kejuaraan Asia Road Racing Championship dan predikat Rookie of the year di tahun 2012, serta juara 1 Suzuka Endurance 4 hour championship.

“Untuk prestasi yang paling terbaru, saya berhasil meraih kemenangan balapan pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 kelas Supersport 600 seri keempat di Sirkuit Sentul. Meskipun saat itu saya tampil sebagai pembalap pengganti, namun keberhasilan tersebut dapat menjadi hadiah kemerdekaan bagi Kota Depok dan Indonesia yang ke-72 tahun,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, untuk dapat meraih prestasi tersebut, diperlukan adanya jenjang pembinaan atlet sejak usia dini. Karena itu, dirinya mendukung agar diadakannya berbagai kompetisi balap motor di Kota Depok sebagai ajang untuk melatih dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki oleh para atlet.

“Karena di Depok ini tidak hanya saya saja  yang telah mengukir prestasi internasional. Namun masih banyak potensi-potensi pemuda yang ada di Depok yang mampu meraih hal itu, sehingga ke depan, kami mendorong agar sinergitas Pemerintah Kota (Pemkot) bersama dengan berbagi pihak yang mendukung upaya tersebut semakin meningkat,” tandasnya. (Meidya)

 747 total views

LEAVE A REPLY