Ini Pengharum Pakaian Ramah Lingkungan Ciptaan Warga Depok

0
672

www.depoktren.com–Sri Maryati, warga Parung Serab, Tirtajaya, Depok yang selama ini menggunakan bahan kimia untuk bisnis laundry, akhirnya menemukan cara membuat produk chemical laundry (pengharum) yang ramah lingkungan.

“Awal tahun 2017 saya memulai bisnis laundry. Seiring waktu saya berpikir untuk tidak tergantung pada produk deterjen, pelicin, atau parfum yang dijual di luaran sana,” kata Sri Maryati,MaryatiKamis Kamis (24/08/2017).

Beberapa bulan selanjutnya, ia mulai kursus membuat produk-produk tersebut. Ketekunannnya pun mulai membuahkan hasil. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, di awal Juli ia mulai memasarkan produk hasil buatannya ke masyarakat melalui jejaring sosial Instagram.

“Saya sempat riset kecil-kecilan, air bekas cuciannya saya siramkan ke tanaman. Ternyata tanamannya tidak mati atau layu. Diminum oleh hewan seperti kucing dan ayam pun tidak apa-apa. Dari sana saya meyakini, kalau produk yang saya buat ini ramah lingkungan,” sambungnya.

Maryati menjelaskan, bahan-bahan untuk membuat produk tersebut berbahan dasar air dan diracik dengan beberapa bahan kimia. Seperti methanol, bibit parfum, bibit pelicin, sitrun, dan soda. Bahan tersebut, mudah ia dapatkan di toko kimia terdekat.

Saat ini, imbuhnya, ia baru mampu memproduksi sekitar 1.000 botol per bulannya. Dengan rincian bahan deterjen sebanyak 600 botol, sisanya pelicin dan parfum. Satu botol produksinya ada yang dikemas per satu atau lima liter, tergantung selera pasar.

“Saya jual dengan sistem distributor, satu paket isi tiga produk, harganya Rp 60 ribu. Ada juga satu paketnya deterjen dan pelicin saja,” jelas Maryati.

Maryati mengaku, baru kali ini masuk dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Meskipun masih baru, ia telah difasilitasi berbagai pelatihan UMKM yang diselenggarakan Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok. Pelatihan inilah yang menjadi bekal baginya untuk meningkatkan kemampuan, baik cara membangun kemitraan maupun cara menerapkan manajemen marketing yang baik.

“Di sini saya mendapatkan beragam materi yang bagus untuk menunjang usaha. Apa yang diajarkan tentu sangat bermanfaat. Selain motivasi usaha, kita diajarkan tentang dasar marketing online, cara menjalin kemitraan, dan banyak hal lainnya,” tutupnya. (Meidya)

 672 total views

LEAVE A REPLY