Polsek Bojonggede Tangkap Biong Tanah Penipu

0
591

www.depoktren.com–Aparat kepolisian Polsek Bojonggede menangkap ‘biong’ tanah S alias H (40), warga Desa Sasak Panjang, Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar).

“Tersangka diamankan lantaran telah menipu dengan menjual sebidang tanah milik orang lain dengan kerugian ratusan juta rupiah,” ujar Kapolsek Bojonggede AKP Agus Koster Sinaga di Mapolsek Bojonggede, Sabtu (26/8/2017).

Agus mengatakan tersangka S menipu upardjo Saputra (25), dengan menawarkan sebidang tanah dengan harga Rp. 131.800.000,-. Setelah korban membeli tanah tersebut diketahui telah milik orang lain.

“Tersangka mencoba menipu korbannya dengan menyakinkan kalau tanah yang dijual tersebut miliknya. Tapi setelah korban mengecek dokumen tanah ternyata sudah milik orang lain,” terang Agus.

Mantan perwira Subdit Resmob Ditkrimum Polda Metro Jaya ini mengutarakan, tersangka S melakukan aksinya baru sekali. “Selain menjadi penjual tanah, pelaku juga melakukan pengurusan surat-surat tanah,” terang Agus.

Menurut Agus, terkait soal kepengurusan surat-surat yang juga dikerjai tersangka, pihaknya masih mendalami kasusnya apa ada melakukan pemalsuan surat-surat tanah juga atau tidak. “Ya masih kita dalami, tapi yang jelas tersangka melakukan penipuan menjual sebidang tanah yang bukan miliknya kepada orang lain,” tegasnya.

Selain itu dari hasil pemeriksaan, barang bukti yang berhasil disita yaitu enam lembar kwitansi bukti pembayaran tanah, satu lembar bukti transfer uang dari Bank Mandiri dari korban ke atas nama Juli Junaedy.

“Lokasi sebidang tanah yang dijual pelaku berada di Desa Kalisuren Tajurhalang Bogor. Selain itu motif pelaku untuk mencari keuntungan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup,” pungkas Agus. (Mastete)

 591 total views

LEAVE A REPLY