Waspadalah, Ada Sebanyak 599 Hewan Kurban Tak Memenuhi Syariat Islam 

0
316

www.depoktren.com–Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok telah memeriksa 13.301 hewan kurban dari 177 lapak yang tersebar di 63 kelurahan di Kota Depok. Dari hasil pemeriksaan tersebut, diketahui sebanyak 599 hewan kurban tidak memenuhi syariat Islam sehingga langsung ditandai.

“Kami terjun ke lapangan memeriksa hewan kurban yang berada di lapak-lapak pedagang dari H-10. Sampai tanggal 25 Agustus 2017 ini, kita telah periksa sebayak 13.301 hewan,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Depok, Dede Zuraida usai kegiatan Rakor Penyelenggraan Pengawasan Hewan dan Daging Kurban tahun 2017 di Balai Kota Depok, Senin (28/8/2017).

Dede mengungkapkan dari jumlah tersebut, diperiksa lagi mana yang layak menjadi kurban mana yang tidak, karena selain mengacu kepada faktor kesehatan hewan, untuk berkurban juga harus memenuhi syariat Islam 

“Nah, sebanyak 599 hewan kurban didapati tidak memenuhi syariat Islam, dipotong boleh tapi tidak boleh dijadikan kurban,” terangnya.

Menurut Dede, hewan yang tidak memenuhi syariat Islam di antaranya cacat, belum cukup umur dan terlalu kurus. Untuk hewan yang kurus, ada beberapa faktor penyebab. Salah satunya adalah tingginya tingkat stres karena hewan kelelahan dalam perjalanan serta kurangnya asupan makanan dan minuman.

“Konsumen harus cerdas memilih mana hewan yang sehat dan sudah sesuai ketentuan syariat Islam, mana yang belum,” ucap Dede. (Meidya)

 316 total views

LEAVE A REPLY