DPRD Depok Dukung SSA Diterapkan Permanen 

0
605

www.depoktren.com–Penerapan uji coba Sistim Satu Arah (SSA) di Jalan Dewi Sartika, Nusantara dan Arif Rahman Hakim (ARH) dinilai layak diteruskan. “Kami mendukung SSA untuk diteruskan bahkan kalau perlu dipermanenkan,” kata Edi Masturo, Sekertaris Komisi C DPRD Depok, Selasa (29/8/2017).

Dikatakan Edi, faktanya, SSA dapat mengurai kemacetan yang sebelumnya kemacetan cukup parah di Jalan Dewi Sartika, Nusantara dan ARH. “Memang ada pro dan kontra tapi inikan upaya mencari solusi mengatasi kemacetan di Depok untuk kepentingan bersama bukan untuk kepentingan segelintir orang,” jelasnya.

Ditegaskan Edi, untuk memberikan jawaban yang pasti sebaiknya lihat fakta dilapangan. Dinas Perhubungan (Dishub) Depok memiliki kajian. “Dishub Depok oasang cctv dan silahkan lihat buktinya. Saya sudah lihat faktanya kemacetan terurai kok. Dan, itu bukti SSA ini lebih banyak manfaatnya,” tutur Edi.

Menurut Edi, memang di sisi lain berkembang ada satu wilyah yang merasa terkena imbas dari uji coba SSA ini , namun bicara masyarakat umum atau masyarakat secara luas dan berdasarkan kajian bahwa memang merasakan ada penguraian kemacetan yang awalnya memang cukup parah, hal ini ada manfaatnya walaupun harus berputar putar untuk melalui jalur tersebut

“Uji Coba SSS itu bentuk sosialisasi, tapi yang kami inginkan justru dari program kajian Dishub Depok. Memang ada beberapa pekerjaan rumah jika SSA akhirnya diberlakukan, pertama kita harus memikirkan JPO (Jembatan Penyebrangan Orang)), lalu sisi-sisi tikungan yang harus diperlebar dan rambu-rambu lalu lintas juga dibenahi dan ditambah,” papar Edi.

Lanjut Edi, untuk zona-zona sekitar sekolah di jalur SSA, sebaiknya disediakan zona zebra cros dan pita kejut agar pengendara dapat mengurangi kecepatannya. 

“Ada beberapa titik, misalnya di SMAN 1 dan SDN Anyelir yang lokasinya berdekatan. Kalau dari kajian, sedikitnya harus bikin dua titik zona zebra cros dan pita kejut, ini juga solusi terhadap kekhawatiran terjadinya kecelakaan,” terangnya.

Edi juga mengatakan dirinya mengapresiasi kerjasama Dishub Depok, Satlantas Polresta Depok dan Satpol PP Depok untuk kajian-kajian selama penerapan uji coba SSA ini. 

“Masyarakat secara umum banyak yang berpendapat uji coba SSA ini berhasil. Nah soal Pemkot Depok nantinya memutuskan SSA diberlakukan permanen atau tidak harus dari kesimpulan dari kajian-kajian dan fakta di lapangan, tak bisa di dominasi oleh keinginan segelintir orang, karena ini untuk kepentingan masyarakat luas,” pungkasnya. (Meidya)

 605 total views

LEAVE A REPLY