T-Samsat, Bayar Pajak Bisa Dicicil

0
797

www.depoktren.com–Untuk mempermudah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Samsat Depok mensosialisasikan Tabungan Samsat (T-Samsat). Dengan layanan ini, Wajib Pajak (WP) bisa membayar PKB dengan sistem cicilan dengan uang tabungan yang disimpan di Bank BJB.

“Banyak WP yang menunggak dan membayar setelah jatuh tempo, karena terpakai untuk membayar kebutuhan yang lain. Agar tidak memberatkan WP, kami merilis layanan T-Samsat, di mana mereka bisa membayar PKB dengan cara mencicil,” kata Kepala Cabang Pelayanan Pajak Daerah (CPPD) Wilayah 1 Kota Depok, Hendra Gunawan di Balai Kota, Depok, Selasa (29/8/2017).

Hendra menjelaskan, di antara fasilitas yang disediakan T-Samsat adalah pembayaran dilakukan secara autodebet. Selain itu, ada juga notifikasi otomatis 20 hari sebelum jatuh tempo pembayaran pajak.

“Apabila uang di dalam tabungan sesuai dengan nominal pajak, secara otomatis bank akan membayarkan pajak kendaraan. Kita tinggal mengambil struk pembayaran pajak dari bank untuk ditukarkan ke Kantor Samsat,” terang Hendra.

Dijelaskan Hendra, layanan T-Samsat akan berdampak positif pada pendapatan daerah. Termasuk juga mengurangi jumlah Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU).

“Dengan T-Samsat, pembayaran PKB menjadi lebih tepat waktu. Tentunya, ini bisa memperjelas potensi pajak dan memberikan kepastian Dana Bagi Hasil (DBH) pajak daerah,” pungkasnya. (Meidya)

 798 total views

LEAVE A REPLY