Meriahnya HUT Polwan ke 69

0
893

www.depoktren.com–Sejumlah atraksi diperagakan para anggota Polisi Wanita (Polwan) dalam memperingati HUT Polwan ke 69 di Jakarta dan di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Atraksi yang cukup keren dan menarik yakni aksi bela diri dan atraksi mengendarai sepeda motor gede yang diperagakan polwan-polwan cantik.

Hari ini (1/9) bertepatan dengan hari kelahiran polisi wanita di Indonesia. Demi menyambut hari jadi, beberapa jajaran polwan di berbagai daerah melakukan hal-hal unik seperti membagikan cokelat dan bunga kepada masyarakat sekitar, mengajak warga mencintai mereka. 

Kehadiran polisi wanita di Indonesia memiliki ceritanya tersendiri, berbeda dengan polisi biasa, polisi wanita lahir dua tahun setelah kepolisian dibentuk. Polwan dibentuk pada 1 September 1948 di Bukittinggi, Sumatera Barat atas usul dari organisasi wanita di sana.

Namun, bukan berarti ide ini hanya muncul di tanah Minang. Sebelumnya, pemerintahan yang saat itu sedang berada di Yogyakarta telah mengintruksikan pendidikan polisi bagi wanita untuk dilakukan, namun karena situasi memanas akibat agresi militer Belanda, niat tersebut terabaikan.

Kepala Kepolisian RI (Kapolri).Jenderal Tito Karnavian menegaskan kembali pentingnya peran polisi wanita dalam sistem yang berjalan di Polri saat ini. Bahkan Tito berharap ke depannya, peran Polwan bisa menjadi lebih vital.

Tito mengatakan saat ini Polri masih didominasi polki (polisi laki-laki), sedangkan jumlah polwan saat ini baru sekitar 20 persen. 

“Padahal sekarang eranya kesamaan gender, emansispasi. Kami inginnya polwan ini gak jadi second class citizens,” kata Tito

Dari penilaian Tito, kualitas polwan saat ini tidak kalah dengan polisi laki-laki.

Bahkan ke depannya, Tito membayangkan polwan dapat mengisi posisi strategis di kepolisian. Ia berharap dalam masa jabatannya ini, ada polwan yang mampu menjadi Kapolda bintang dua bahkan kalau bisa jadi Kapolri.

“Bukan hanya Kapolda Tipe B. Jadikan Kapolda (dari polwan) bintang dua. Tipe B sudah pernah. Di Banten pernah. Yang ditempatkan di daerah agak keras dikit gitu,” kata Tito. 

Apalagi saat ini ada empat 4 orang polwan yang sudah berpangkat Brigadir Jenderal. Nanti kinerja kepemimpinan Polwan itu akan dievaluasi. Jika dinilai berhasil, Tito tak menutup kemungkinan ada polwan lain yang akan diangkat menjadi Kapolda. (Mastete)

 893 total views

LEAVE A REPLY