Pemkot Depok Konsisten Kawal Program Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

0
634

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok akan konsisten mengawal kegiatan Program Iklim (Proklim) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

“Kami telah ikut mendukung Proklim sejak 2012 dan akan terus kami kawal agar upaya-upaya terwujudnya Proklim dapat terbentuk secara merata. Kami upayakan, agar Kota Depok memiliki minimal satu RW unggulan di setiap kelurahan terkait Kampung Iklim,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati, Senin (4/9/2017).

Menurut Etty, Proklim akan terbentuk apabila warganya dapat bekerja sama menciptakan lingkungan yang ramah terhadap iklim saat ini. Misalnya seperti pembentukan Bank Sampah, kerja bakti, penanaman pohon dan pemanfaatan pekarangan rumah untuk penghijauan.

Di wilayah Depok yang telah mengikuti Proklim antara lain yakni RW 24 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, RW 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, RW 14 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, RW 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, dan RW 10 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Terakhir, pada 2017 ini, ada tiga lokasi sekaligus yang mengikuti Proklim yaitu RW 18 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, RW 13 Perumahan Mutiara Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, dan RW 04 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

“Selama enam tahun tersebut kami baru barhasil meraih sertifikat Proklim, belum sampai memoetoleh piala,” ungkap Etty.

Diutarakan Etty, keberadaan kelompok masyarakat dan tokoh lokal, dapat berperan sebagai penggerak pelaksanaan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta ketersediaan instrumen pendukung lainnya merupakan faktor penting yang dievaluasi dalam proses penilaian usulan Proklim tersebut.

“DLHK Pemkot Depok tetap konsisten untuk mengusulkan satu wilayah setingkat RW setiap tahunnya untuk diajukan sebagai wilayah terbaik yang akan diusulkan ke Kemenyerian LHK. Saat ini kita persiapan untuk penilaian Proklim tahun 2018, mudah-mudahan Piala Proklim bisa kita raih tahun depan,” harapnya. (Meidya)

 634 total views

LEAVE A REPLY