Pasar Sukatani akan Jadi Binaan Lembaga Pangan Internasional

0
451

www.depoktren.com–Pasar Sukatani akan diusulkan sebagai pasar binaan lembaga pangan internasional Food and Agriculture Organization Emergency Centre for Transboundary Animal Diseases (FAO ECTAD).

Pasar yang berada di wilayah Tapos, Depok tersebut memiliki modal Pedikat Standar Nasional Indonesia (SNI). “Rencananya kita ingin menjadikan Pasar Sukatani sebagai pasar binaan FAO ECTAD Indonesia, namun demikian ada beberapa standar yang harus dipenuhi,” ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Pasar Sukatani Nadelia, Rabu (6/9/2017).

Menurut Nadelia, Predikat SNI tidak cukup untuk menjadi binaan FAO tersebut, tapi bisa menjadi prioritas. Untuk menjadi binaan FAO, Pasar Sukatani harus menerapkan sistem biosecurity pasar, yaitu memisahkan komoditi berdasarkan jenis, minimal komoditi basah seperti ikan dan barang kering seperti sayur-sayuran. Sebab, komitmen kuat merupakan salah satu faktor penentu diterima atau tidaknya pasar tersebut menjadi binaan FAO.

“Belum lama ini kita mengunjungi kantor (perwakilan) FAO di Kementerian Pertanian RI untuk membahas apa saja yang perlu kami siapkan. Nantinya Kota Depok akan jadi project leader, proyek perubahan Pasar Sukatani Depok menjadi pasar binaan FAO,” terangnya.

Dia menyebutkan, keuntungan yang akan didapat Pasar Sukatani bila sudah menjadi binaan FAO adalah dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, memperoleh pengetahuan tentang keamanan pangan dan praktik biosecurity di pasar, serta menjadikan Pasar Sukatani sebagai tujuan utama masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pangan.

“Jika Pasar Sukatani menjadi binaan FAO, perilaku pedagang dapat menjadi percontohan bagi pasar lainnya, di Kota Depok khususnya dan di Jawa Barat pada umumnya,” pungkasnya. (Meidya)

 451 total views

LEAVE A REPLY