Pelanggaran APK Pilgub Jabar akan Ditertibkan Satpol PP Depok

0
382

www depoktren.com–Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok mulai berkoordinasi. Sinergi kedua pihak dilakukan untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang menyalahi Peraturan Daerah (Perda) No 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum.

“Kami dari Satpol PP siap untuk bersinergi dengan Panwaslu, namun sebelumnya saya minta untuk dibuatkan surat edaran awal dari Panwaslu. Nantinya kami akan melakukan koordinasi dengan Satpol PP tingkat kecamatan untuk melakukan kegiatan penertiban APK yang melanggar atau membahayakan,” ujar Kepala Satpol PP Kota Depok Dudi Mi’raz, Rabu (6/9/2017).

Menurut Dudi, pihaknya akan mulai melakukan penertiban APK pada minggu kedua bulan September. Adapun beberapa APK yang diamankan tentunya yang berada di area yang dilarang seperti jalan protokol, di pohon dan APK yang pemasangannya tidak sesuai dengan estetika kota. Karena selain merusak pemandangan, keberadaan APK juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Minggu kedua bulan ini kita mulai turun, karena APK merusak keindahan kota. Padahal kan mereka (timses) tahu saat ini belum waktunya untuk kampanye. Kita juga sudah komunikasikan kepada tim pengusung agar tidak mencuri start, kalau tidak dihiraukan, kami langsung bergerak untuk menertibkan,” jelasnya.

Anggota Panwaslu Kota Depok Andriansyah mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjamin kelancaran Pilgub Jabar. Beberapa OPD yang disambangi adalah Satpol PP dan Disdukcapil.

“Kami mulai melakukan komunikasi dengan stakeholder terkait persiapan Pilgub yang akan dilaksanakan. Untuk Satpol PP terkait kerja sama penertiban APK dan hal-hal yang berkaitan dengan Perda. Sedangkan untuk Disdukcapil terkait jumlah warga Depok untuk kepentingan DPT. Upaya ini untuk meminimalisir adanya kekeliruan dan kesalahpahaman di kemudian hari. Mudah-mudahan Pilgub berjalan aman dan terkendali,” pungkasnya. (Meidya)

 382 total views

LEAVE A REPLY