ASN Diajak Budayakan Baca Buku

0
413

www.depoktren.com–Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) yang jatuh tanggal 14 September, Wali Kota Depok mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) meningkatkan budaya baca. Bukan hanya membaca buku dalam bentuk buku elektronik (e-book) saja yang menurutnya harus dibaca, tetapi juga buku fisik dari kertas juga patut untuk dibaca.

“Mari kita galakkan kembali membaca buku. Karena aktivitas tersebut banyak manfaatnya. Bukan saja menambah pengetahuan, tapi juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan kita,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris saat apel pagi di Lapangan Balai Kota, Jumat (15/9/2017).

Dikatakan Idris, mengutip sebuah penelitian dari Universitas Harvard Inggris, membaca dari e-book bisa mengurangi hormon melatonin, yang berfungsi membuat seseorang cepat tidur. Hormon tersebut, imbuhnya, bisa hilang apabila kita terlalu sering menatap gawai (gadget).

“Sebaiknya di atas jam sembilan malam kita tidak menatap layar ponsel hanya sekadar bermain jejaring sosial, sehingga kita tidak insomnia dan besoknya bisa lebih segar,” sarannya.

Sebagai gantinya, Idris menyarankan, waktu tersebut bisa digunakan dengan membaca buku atau dimanfaatkan dengan membaca Alquran bagi umat Muslim atau membaca Injil bagi umat Kristiani. Cara tersebut, diyakininya bisa mengurangi stres.

“Membaca buku secara manual dapat menyehatkan tubuh kita, meningkatkan wawasan berpikir dan pemahaman keagamaan juga. Karena itu mari kita gemar membaca, meningkatkan literasi di Kota Depok,” tukasnya. (Meidya)

 413 total views

LEAVE A REPLY