Pemkot Depok Terus Tambah Kampung KB, Guna Kendalikan Pertumbuhan Penduduk

0
528

www.depoktren.com–Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok akan berupaya menambah Kampung KB untuk kendalikan Pertumbuhan Penduduk. 

“Ini semakin mengoptimalkan upaya pengendalian pertumbuhan penduduk di Kota Depok, rencananya akan ada penambahan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Bojongsari,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Keluarga dan Keluarga Berencana DPAPMK Depok, Ani Rahmawati di Balai Kota Depok, Jumat (15/9/2017).

Diutarakan Ani, dengan penambahan Kampung KB tingkat Kecamatan Bojongsari, semakin melengkapi dua Kampung KB percontohan tingkat kecamatan yang sudah terbentuk sebelumnya yakni di Kecamatan Sukmajaya dan Kecamatan Limo.

Untuk penambahan Kampung KB percontohan di Kecamatan Bojongsari dipilih di wilayah Kelurahan Duren Mekar. “Setelah Kecamatan Bojongsari, tahun ini targetnya akan ada penambahan Kampung KB percontohan tingkat kecamatan sampai di 11 kecamatan se-Kota Depok. Insya Allah, terwujud,” tutur Ani.

Dijelaskan Ani, dengan adanya Kampung KB tersebut akan memudahkan Pemkot Depok dalam mengintervensi pembangunan berwawasan kependudukan dengan mengendalikan, menunda serta memberi jarak waktu kelahiran. “Itu tidak hanya KB saja, tapi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain ikut terlibat dalam setiap perkembangan yang ada di Kampung KB,” terangnya.

Menurut Ani, tidak hanya program KB saja yang ada di Kampung KB, tapi juga ada program di bidang lain. Dengan kata lain pembentukan Kampung KB diharapkan menjadi tempat terintegrasinya program-program pembangunan di Kota Depok.

“Warga yang bermukim di Kampung KB harus konsisten dengan program pengendalian jumlah penduduk. Dengan demikian pencanangan Kampung KB tidak sebatas seremonial belaka,” pungkas Ani.
(Meidya)

 528 total views

LEAVE A REPLY