Pengusaha Tempat Penginapan Dihimbau Laporkan Tamu Asing

0
323
Jpeg

www.depoktren.com–Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, mengimbau kepada seluruh pemilik tempat penginapan, kos-kosan, losmen, hotel dan apartemen yang ada di Kota Depok melaporkan setiap tamu yang merupakan Warga Negara Asing (WNA). “Hal tersebut, mengacu pada Pasal 72 ayat 2 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian,” ujar Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Jeacky Gerald Gerung, Jumat (15/9/2017).

Diutarakan Jeacky, pemilik atau pengurus tempat penginapan wajib memberikan data mengenai WNA yang menginap jika diminta oleh Pejabat Imigrasi yang bertugas. Selain itu, pejabat imigrasi yang bertugas juga dapat meminta keterangan dari setiap orang yang memberi kesempatan menginap kepada WNA mengenai data orang asing yang bersangkutan.

Dijelaskan setiap pemilik hotel dan indekos tidak perlu datang langsung ke Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok untuk melaporkan WNA yang menginap di tempatnya. Saat ini, pelaporan sudah dapat dilakukan dengan menggunakan sistem online.

“Mereka dapat membuat laporan melalui website apoa.imigrasi.go.id. Website tersebut dibuat oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia untuk memudahkan masyarakat bila terdapat orang asing yang menginap disekitar lingkungannya,” jelasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan Pasal 117 UU/6 2011 tentang keimigrasian, setiap pemilik atau pengurus tempat penginapan yang tidak memberikan keterangan atau tidak memberikan data WNA yang menginap di rumah atau di tempat penginapannya setelah diminta oleh Pejabat Imigrasi yang bertugas, akan mendapatkan sanksi. Bentuk sanksi tersebut dapat berupa pidana kurungan maupun pidana denda. “Untuk pidana kurungan, paling lama tiga bulan atau pidana denda paling banyak Rp 25 juta,” pungkas Jeacky. (Meidya)

 323 total views

LEAVE A REPLY