Maskot Satgas Saber Pungli ‘Saberman’ Diluncurkan

0
925

www.depoktren.com–Satgas Saber Pungli meluncurkan ‘Saberman’, sebuah karakter animasi sebagai maskot Satgas Saber Pungli.

Maskot Saberman ini digambarkan melalui sebuah animasi pria muda dengan atasan putih dan bawahan hitam. Pria tersebut menggunakan atribut kain sarung kotak-kotak untuk menggambarkan jawara khas betawi.

Kasatgas Saber Pungli Komjen Dwi Priyatno mengungkapkan, peluncuran maskot ini merupakan suatu bentuk komunikasi pada masyarakat.

“Diharapkan akan tumbuh, ada kebanggaan, figur ini bisa dicontoh. Ada juga fungsi penindakan kita lakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan), kan ada kewenangannya kita,” ujar Dwi di FX Sudirman, Minggu (17/9/2017).

Dwi menambahkan, Satgas Saber Pungli sejak Oktober 2016 telah melakukan sosialisasi ke daerah, kementerian, lembaga, dan komunitas masyarakat termasuk intelektual, tokoh masyarakat, tokoh agama. Hal itu dilakukan bebarengan dengan sosialisasi melalui media sosial. Terkait penindakan, Satgas Pungli telah memroses lebih dari seribu kasus.

“Sampai sekarang, selama 10 bulan, sudah 1.002 di seluruh indonesia. Udah diproses baik dalam penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan udah vonis,” kata Dwi menjelaskan.

Dengan adanya maskot ini, dia berharap masyarakat lebih memahami hak dan kewajibannya bahwa pungli merusak sendi kebangsaan. Adanya Saberman ini, titik beratnya tetap pada menggambarkan fungsi OTT tersebut. “Tapi dia juga bisa jadi sahabat, fungsi pencegahan bahwa indonesia harus bersih pungli,” jelas Dwi. (Mastete)

 925 total views

LEAVE A REPLY