Batalkan E-Tol, Justru Bikin Macet, Disinyalir Hanya Kepentingan Bisnis

0
571

www.depoktren.com–Batalkan E-Tol, justru bikin kemacetan daripada memperlancar pembayaran. Diduga penggunaan E-Tol lebih kepada kepentingan bisnis.

Kemacetan panjang hingga 2 km disebabkan penerapan E-Tol di pintu gerbang tol Cibubur 2, Senin (18/9/2017).

Penerapan E-Tol itu juga karena memang belum tersosialisasi dengan baik. Akibatnya, gerbang tol Cibubur 2 macet sekitar 2 km hingga di depan PP-PON Cibubur. 

Kemacetan terjadi cukup panjang meski waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB pada Senin (18/9/2017). Kendaraan sudah memenuhi ruas jalan di depan PP-PON Cibubur di Jalan Jambore, Cibubur, Jakarta Timur hingga depan Mal Cibubur Junction menuju GT Cibubur 2. 

Kendaraan nyaris ‘parkir’ di sepanjang menuju GT Cibubur 2, dan butuh waktu 30 menit dari depan PP-PON Cibubur menuju GT Cibubur 2. Terlihat GT Cibubur 2 memasang spanduk bahwa mulai tanggal 18 September 2017 Gerbang Tol Cibubur 2, 100% hanya melayani transaksi non-tunai. 

Terlihat para penjaja kartu uang elektronik dari berbagai bank, jemput bola, berjalan-jalan menawarkan kartu uang elektronik bagi siapa saja yang belum memilikinya, 500 meter jelang GT Cibubur 2. Ada beberapa sopir truk yang membeli kartu yang dibanderol Rp 50.000 itu. 

Meski demikian, gerbang tol manual yang dijaga petugas tol tampak antrean panjang. Hal ini berbeda dengan Gerbang Tol Otomatis (GTO) yang sepi-sepi saja karena mobil dengan cepat melakukan tap untuk membayar tol. 

Di dalam ruang gerbang tol manual yang dijaga petugas, juga tampak tumpukan kartu uang elektronik bank.

Hingga berita ini diturunkan, pihak PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol tersebut, belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan. “Penetapan E-Tol tak efektif terutama bagi pengendara yang jarang melintas di jalan tol. Mestinya juga tetap ada pintu gerbang tol dengan pembayaran manual,” harap Rando, seorang pengemudi yang jarang melintas di jalan tol. (Mastete)

 571 total views

LEAVE A REPLY