Tipu Calon Pengantin, Pengelola Wedding Organizer Diciduk Polisi

0
285

www.depoktren.com–Seorang Wedding Organiser, GDD (31) diciduk aparat kepolisian Polresta Depok di kediamannya daerah Sukmajaya, Kota Depok, Senin (18/9/2017). “Pelaku ditangkap karena diduga menipu dan menggelapkan uang ratusan juta untuk acara pesta pernikahan,” ujar Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana di Mapolresta Depok, Senin (18/9/2017).

Pelaku diciduk di kediamannya, setelah pihaknya mendapat laporan dari seorang korban, Imam Hamdi (25), warga Pancoranmas, Depok. “Dalam laporannya korban mengaku pelaku telah membawa kabur uang untuk acara pernikahannya sebesar Rp.77 juta. Setelah mendapat laporan korban, kami langsung diselidiki dan berhasil menangkap pelaku di rumah mertuanya,” ungkap Putu.

Menurut Putu, pihaknya mengamankan barang bukti yakni hp merek Lenovo, laptop merek Samsung yang dibeli dari uang hasil kejahaatan. “Laptop Samsung masih baru dibeli pelaku seharga Rp. 4 juta dari toko elektronik di ITC Depok. Selain itu alat bukti lainnya sejumlah kwitansi acara pernikahan milik korban,” tuturnya.

Putu mengutarakan, diperkirakan korban tidak hanya satu tapi masih ada korban yang lainnya yang belum melapor. “Untuk yang resmi baru satu korban yang melapor. Diperkirakan masih ada 10 orang lain yang menjadi korban penipuan pelaku dengan modus Wedding Organiser (WO),” jelasnya.

Lanjut Putu, uang yang dibawa kabur pelaku tersebut juga digunakan untuk menutupi kekurangan biaya acara pernikahan orang lain dengan sistem tambal sulam. 

“Berdasarkan pengakuan pelaku GDD, dirinya menipu para korban yang akan melaksanakan pernikahan dengan cara menawarkan promosi murah paket pernikahan lengkap dengan bulan madu (honey moon). Pelaku dikenakan pasal Pasal 372 kuhp 378 penipuan dan penggelapan pidana diatas lima tahun penjara,” tegas Putu. (Mastete)

 284 total views

LEAVE A REPLY