DKUM Depok Gencar Lakukan Monev dan Pembinaan Koperasi

0
451

www.depoktren.com–Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok akan terus menerus melakukan monitoring dan evaluasi (monev) secara berkala. Monev ini dimaksudkan guna mengetahui berapa jumlah koperasi yang sehat dan aktif. “Hal ini dilakukan dalam rangka melakukan pembinaan terhadap koperasi di Kota Depok,” kata Kepala Bidang Kelembagaan dan SDM DKUM Kota Depok, Yana Ariatna, Senin (25/9/2017). 

Yana, menegaskan, selain melakukan monev,  dalam mendorong terbentuknya koperasi yang aktif dan sehat di Kota Depok, pihaknya juga rutin melakukan bimbingan teknis serta pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM koperasi.

“Saat ini masih banyak koperasi yang belum memenuhi kategori sebagai koperasi aktif dan sehat, makanya kita terus mengadakan monev untuk kemudian kita berikan pembinaan guna meningkatkan kapasitas koperasi tersebut,” jelas Yana.

Menurut Yana, salah satu indikator suatu lembaga koperasi dikatakan aktif dan sehat adalah yang aktif mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) rutin setiap tahun. Jika tidak ada RAT, maka koperasi tersebut dikategorikan tidak sehat. “Jika suatu koperasi tidak mengadakan RAT dua tahun berturut-turut, kita akan berikan penyuluhan. Namun, kalau tidak berubah akan kita bubarkan,” tegasnya.

Dia mengungkapkan saat ini jumlah koperasi resmi yang aktif di Kota Depok sebanyak 399 koperasi. Untuk mengawasi koperasi-koperasi tersebut,  DKUM rutin mengadakan monev dan pembinaan setiap tahun.

“Diharapkan dengan berbagai upaya tersebut akan dapat meningkatkan kapasitas koperasi di Kota Depok yang aktif dan sehat, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan para pengurusnya dan kemajuan ekonomi Kota Depok,” harap Yana. (Meidya)

 451 total views

LEAVE A REPLY