Pemkot Depok akan Rehab 273 RTLH pada 2017

0
487

www.depoktren.com–Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana akan melakukan rehabilitasi 237 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada di Kota Depok.

“Rehabilitasi RTLH yang tinggal menunggu Surat Keputusan (SK)  Wali Kota Depok tersebut, ditujukan untuk membantu warga prasejahtera memiliki rumah yang aman dan nyaman ditempati,” ujar Kepala Bidang Perumahan Disrumkim Kota Depok, Refliyanto di Balai Kota Depok, Jumat (29/9/2017).

Refliyanto mengatakan, saat ini sudah enam kecamatan yang telah rampung SK Wali Kota, sedangkan 5 kecamatan masih dalam proses. Menurutnya, SK Wali Kota merupakan dasar pencairan bantuan RTLH tersebut.

“Nanti kalau sudah selesai semua SK, akan dikasih ke setiap kecamatan untuk kemudian dilakukan pencairan dana bantuan rehabilitasi RTLH kepada masing-masing calon penerima. Di mana perbaikannya ditargetkan rampung akhir 2017,” tuturnya.

Sesuai dengan Peraturan Wali Kota Depok No 40 Tahun 2017 tentang  Pedoman Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Tingkat Kecamatan, Refliyanto menjelaskan, syarat penerima bantuan perbaikan RTLH adalah warga prasejatera, warga yang mendapatkan layanan Jamkesda, kondisi rumah tidak rusak 100 persen, kerusakan rumah bukan karena bencana alam, dan lokasi rumah harus sesuai dengan aturan tata ruang. Sementara itu, calon penerima bantuan rehabilitasi RTLH masing-masing mendapatkan bantuan tunai Rp 20 juta.

“Nanti kita juga akan bekerja sama dengan kecamatan untuk melakukan pengawasan, sehingga dana bantuan tersebut benar-benar tepat guna,” jelas Refliyanto.

Dia menambahkan, bantuan rehabilitasi RTLH tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) reguler Kota Depok Tahun 2017. Di mana dana yang dianggarkan sebesar Rp 4.740 miliar.

“Selain melalui APBD, Kota Depok juga mendapat bantuan rehabilitasi RTLH dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 222 unit. Bantuan dari provinsi tersebut sudah turun,” pungkas Refliyanto. (Meidya)

 487 total views

LEAVE A REPLY