Peringati Hari Kesaktian Pancasila Diimbau Pasang Bendera Setengah Tiang

0
2091

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ajak warga peringati Hari Kesaktian Pancasila (HKP) pada 1 Oktober 2017 dengan upacara dan memasang bendera satu tiang penuh di kantor instansi, baik pemerintah maupun swasta. 

Sedangkan untuk mengenang jasa para Pahlawan Revolusi pada tanggal 30 September, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak sejumlah instansi untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Ajakan tersebut ditegaskan melalui Surat Edaran Wali Kota Depok bernomor  Surat Edaran No. 900/0471/Kesbangpol/IX/2017. Surat ini ditembuskan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok hingga tingkat kelurahan, pimpinan kantor pemerintah/swasta/BUMN/BUMD, dan sejumlah kepala sekolah negeri serta swasta.

“Ajakan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No 153 Tahun 1967, tentang penetapan 1 Oktober sebagai HKP. Karena itu, mari kita laksanakan upacaranya secara sederhana dan khidmat,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, di Balai Kota, Depok Jumat (29/9/2017).

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan, peringatan HKP sebagai salah satu upaya Pemkot Depok menanamkan kecintaan terhadap bangsa. Selain itu, ini juga sebagai bentuk pembelajaran kepada warga tentang fase-fase sejarah yang dialami bangsa Indonesia.

“Peristiwa 30 September 1965, bagian dari sejarah pahit bangsa kita. Sudah seharusnya menjadi pelajaran berharga agar jangan sampai terulang kembali,” kata Wakil Wali Kota Depok yang akrab disapa Bang Pradi itu.

Menurut Bang Pradi, bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa pahlawan bisa dilakukan dengan pengabdian dan pelayanan terhadap masyarakat. Paling tidak, imbuhnya, dengan menunjukkan etos kerja yang terbaik di masing-masing unit kerja.

“Berikan yang terbaik di tempat kita bekerja. Jangan menyakiti teman kerja kita, saling mengingatkan. Ini salah satu bentuk menghormati perjuangan pahlawan dengan pengabdian yang tulus kepada negeri,” tutur Bang Pradi. (Meidya)

 2,093 total views

LEAVE A REPLY