Satpol PP Tertibkan Spanduk dan Billboard Iklan Rokok

0
1482

www.depoktren.com–Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Selain intens melakukan sosialisasi dan sidak, Satpol PP juga rutin menggelar penertiban spanduk dan baliho rokok yang terpasang di ruang publik.

“Upaya menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014  terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR), secara konsisten dilakukan,” ujar Kepala Satpol PP Kota Depok, Dudi Mi’raz di Balai Kota Depok, Minggu (1/10/2017).

Menurut Dudi, iklan pada spanduk maupun baliho rokok itu bisa menstimulus masyarakat agar tergiur mencobanya. “Nah, upaya kita adalah menurunkan atribut tersebut, apalagi yang tak berizin. Karena ini sudah jelas menyalahi aturan,” tetang Dudi.

Menurut Dudi,, keberadaan Perda KTR di Kota Depok, dinilai cukup efektif meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membudayakan gaya hidup sehat. Untuk itu, pihaknya juga merasa berkewajiban untuk memberikan pemahaman masyarakat terkait tujuh kawasan tanpa rokok sesuai aturan Perda Nomor 3 Tahun 2014.

“Kadang-kadang spanduk dipasang di tempat umum dan itu berdekatan dengan sekolah, tempat ibadah yang jelas-jelas tempat tersebut merupakan tujuh kawasan tanpa rokok. Makanya spanduk, reklame, umbul-umbul yang berbau rokok, kita turunkan. Belum lama ini kami juga menyisir Jalan Pekapuran dan di sana ditemukan berjejer spanduk iklan rokok, termasuk yang ada di warung, kita copot,” tegas Dudi.

Untuk efektivitas penerapan KTR, Satpol PP Kota Depok juga masih terus melakukan sosialisasi ke berbagai wilayah, termasuk kegiatan penurunan spanduk iklan rokok. Ini merupakan program Satpol PP untuk menegakkan Perda KTR dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya menghargai orang lain.

“Orang lain juga butuh udara bersih, mereka berhak mendapatkannya. Untuk itu, para perokok kami imbau agar tidak merokok di kawasan yang telah ditetapkan,” pungkas Dudi. (Meidya)

 1,481 total views

LEAVE A REPLY