Antisipasi Banjir, Situ Rawa Kalong Dinormalisasi

0
358

www.depoktren.com–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dengan Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan (DLHK) Kota Depok sudah menormalisasi Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis yang saat ini tertutup gunungan sampah hampir setinggi dua meter. 

“Kami telah berhasil melakukan normalisasi sehingga sampah dan baunya pun menjadi berkurang signifikan,” kata Kepala DPUPR Kota Depok Manto, di Balai Kota Depok, Sabtu (7/10/2017).

Menurut Manto, sebelumnya ada laporan warga terkait gunung sampah yang mengganggu lingkungan, terlebih sampah tersebut menutupi wajah dari situ yang ada di dekatnya yaitu Situ Rawa Kalong. “Untuk memaksimalkan normalisasi dan pengangkatan sampah kami juga mengirimkan alat berat berupa spider,” terangnya.

Diutraakan Manto, sebelum dilakukan pengerukan, bak sampah di lokasi tersebut kondisinya sudah overload. Lokasi itu semula juga dijadikan warga sebagai tempat pembakaran sampah. Padahal, posisinya juga berdekatan dengan SDN Curug 4, Kelurahan Curug Cimanggis, sehingga asap yang megepul masuk ke dalam kelas dan mengganggu siswa yang sedang belajar. Dirinya berharap, dengan kondisi tanah kawasan situ yang sudah rata, proses pembuangan sampah dari masyarakat dengan sistem pilah sampah dapat berjalan dengan baik. Sehingga kelestarian situ juga dapat terjaga.

“Memang sudah tugas kami untuk menormalisasi serta membantu masyarakat. Diharapkan dengan sinergitas yang terjalin baik antara pemerintah dengan warganya, dapat menciptakan lokasi tersebut menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar,” tutur Manto.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Rawa Kalong, Bagus mengatakan, dirinya bersyukur karena tumpukan sampah dengan ukuran lebar 6 meter, panjang 10 meter dan tinggi dua meter sudah rata lagi dengan tanah sehingga wajah dari Situ Rawa Kalong kembali lagi terlihat.

“Alhamdulillah pekerjaan penggerusan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) RW 01 sekitar Situ Rawa Kalong selesai dalam dua hari. Terima Kasih kepada Pemkot Depok, khususnya DPUPR karena telah dipinjamkan alat spider jadi lebih ringan pekerjaannya, juga DLHK yang tiada hentinya mensosialisasikan pemilahan sampah,” ujar Bagus.

Dia berharap, dengan kondisi TPS yang sudah rata tersebut, warga bisa membuang sampah dengan memilah terlebih dahulu sehingga volume sampah yang masuk ke TPS jadi berkurang.

“Kami juga akan tata kembali Situ Rawa Kalong sebagai daerah resapan air untuk warga sekitar. Kami juga berharap semua pihak bisa terlibat untuk mengembalikan fungsi situ sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (Meidya)

 357 total views

LEAVE A REPLY