Pengolahan Air Limbah dengan IPAL akan Dimaksimalkan

0
728

www.depoktren.com–Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggencarkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal skala rumah tangga.

“Hal ini dilakukan falam mengurangi tingkat pencemaran lingkungan,” kata Kepala Bidang Permukiman Disrumkim Pemkot Depok, Herry Restu Gumelar di Balai Kota Depok, Sabtu (7/10/2017).

Diutarakan Herry, untuk tahun 2017, pembangunan yang sudah dilakukan sebanyak tujuh IPAL dan tersebar di sejumlah tempat di wilayah Kota Depok.

“Masih ada warga, khususnya di bantaran sungai membuang limbah mereka ke sungai secara langsung. Oleh karena itu, pada tahun ini kami memperbanyak pembangunan IPAL komunal skala rumah tangga untuk mengurangi pencemaran lingkungan,” tuturnya.

Diungkapkan Herry, pada tahun 2017 ini, sudah tiga IPAL yang telah selesai dibangun yang terletak di dua kelurahan yaitu Kelurahan Cipayung dan Kelurahan Ratu Jaya. Sementara empat IPAL lainnya  ditargetkan selesai pada bulan November 2017. “Saat ini, sisa pembangunan IPAL masih dalam tahap pengerjaan dengan harapan dapat rampung di akhir November 2017 ini,” ungkapnya. 

Menurut Herry, untuk pembangunan IPAL ini anggarannya berasal dari APBD Kota Depok dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Pembangunan IPAL komunal skala rumah tangga tersebut, juga merupakan bagian dari upaya pemerintah mewujudkan target nasional 100:0:100 yaitu, 100 persen sanitasi, nol persen kumuh, dan 100 persen air bersih.

“Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam mengatasi pencemaran lingkungan baik oleh limbah rumah tangga maupun limbah industri, sehingga tidak ada lagi kawasan kumuh,” pungkas Herry. (Meidya/Rus)

 728 total views

LEAVE A REPLY