DLHK Depok Sediakan Pohon Gratis Tunjang Budaya Proklim

0
611

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok mengajak masyarakat untuk menggiatkan budaya pro-iklim atau yang sering disebut Proklim. Upaya membangun pemahaman warga dalam meminimalisir dampak pemanasan global itu, juga diikuti dengan langkah konkret berupa pemberian pohon gratis kepada warga yang ingin menanam pohon di pekarangan rumah.

“Saat ini perubahan iklim sudah semakin terasa, kalau bukan dari kita yang menjaganya, siapa lagi. Kami mengajak seluruh pihak untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim. Seperti dengan menanam pohon, memilah sampah dan mengurangi penggunaan plastik,”ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Diana Puspita Sari, di kantor DLHK Depok, Selasa (10/10/2017).

Diana mengutarakan, pihaknya juga kerap mengadakan sosialisasi untuk membuka wawasan masyarakat akan pentingnya menghadapi perubahan iklim. “DLHK siap memfasilitasi masyarakat mendapatkan sejumlah bibit pohon untuk keperluan penanaman,” terangnya.

Menurut Diana, pemerintah punya kepentingan sebagai pengendali konservasi alam. “Untuk itu, kami juga kerap mengajak masyarakat untuk ikut melakukan aksi-aksi nyata melalui kegiatan sosialisasi yang kami adakan. Kita punya stok bibit pohon, kalau masyarakat membutuhkan, bisa melapor ke kami. Ayo kita tanam pohon sama-sama,” imbuhnya.

Diana menjelaskan, kehidupan manusia harus ditopang oleh alam dan sudah seharusnya pula kembali untuk alam. Untuk itu, DLHK siap memberi edukasi bagi siapa saja yang tergerak menjaga kelestarian lingkungan dan mengubah kebiasaan untuk menerapkan budaya pro-iklim.

“Kita hanya suporting untuk masyarakat, karena menanam itu bukan untuk keindahan saja, tapi juga sebagai konservasi lingkungan yang saat ini kondisinya sudah mengkhawatirkan,”pungkasnya. (Meidya)

 613 total views

LEAVE A REPLY