Satpol PP Depok Cabut Paku di Pohon di Sepanjang Jalan Juanda dan Margonda 

0
395

www.depoktren.com–Maraknya aksi pemakuan pohon di Kota Depok, baik untuk keperluan kampanye partai politik (parpol) maupun untuk iklan komersil membuat sejumlah pohon meranggas dan cepat mati. Untuk mencegah matinya pohon, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok telah melakukan aksi cabut paku pada pohon di sepanjang Jalan Juanda dan Margonda dengan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dan komunitas pegiat lingkungan.

“Jumat kemarin sudah kita lakukan aksi cabut paku ini bersama jajaran terkait, rencananya kegiatan akan dilakukan setiap hari Jumat. Ini merupakan aksi nyata untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih,” ujar Kepala Satpol PP Kota Depok, Dudi Mi’raz di Balai Kota Deook, (10/10/2017).

Menurut Dudi, benda apapun yang menempel baik atribut kepartaian, spanduk maupun stiker yang ditempel di pohon, tidak luput dari penertiban. Penertiban diprioritaskan di jalan protokol, mengingat di jalan tersebut banyak terpasang atribut promosi dan parpol.

“Titik rawan berada di jalan protokol seperti Juanda dan Margonda, karena jalan tersebut memiliki magnet tersendiri untuk menarik perhatian pengguna jalan yang melintas. Kedua jalan tersebut juga merupakan sasaran kami hari ini. Untuk Jumat depan, kita akan sisir wilayah Sawangan,” jelasnya.

Namun demikian, dia mengakui, tidak ada sanksi bagi oknum yang memaku pohon tersebut. Pihaknya hanya menjalankan kewajiban untuk melakukan penertiban sesuai Peraturan Daerah (Perda) No 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum.

“Masalah penindakan dan sanksi itu ranahnya Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), kita hanya menjalankan tugas melakukan pengawasan dan penertiban,” tutur Dudi. (Meidya)

 399 total views

LEAVE A REPLY