Cukup Besar Jumlah Tunggakan Pasien BPJS Kesehatan Depok

0
479

www.depoktren.com–Cukup besar jumlah tunggakan pasien BPJS Kesehatan Depok. Hitungannya bisa mencapai, sebesar Rp 90 miliar. Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Kota Depok, Maya Febriyanti saat jumpa pers di Depok, Rabu (11/10).

“Sampai Oktober 2017, tercatat
jumlahnya sebesar Rp 90 miliar, tunggakan dari 93 ribu pasien,” ungkap Maya.

Maya menjelaskan, pasien yang mengalami tunggakan tersebut terdiri dari kelas 1, 2 dan 3. Akan tetapi yang paling banyak pasien yang kelas 3 yang menunggak. “Paling banyak kelas tiga, dan itu kebanyakan pasien yang tidak mampu membayar,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Maya, untuk tunggakan dari perusahaan atau badan usaha di Kota Depok sudah sekitar 70 persen terbayarkan. “Sedangkan perusahaan atau badan usaha yang mengalami tunggakan yaitu mereka yang sudah mengalami kerugian atau sudah bangkrut,” terangnya.

Maya menuturkan, tunggakan yang banyak terjadi dikarenakan, memang tidak memiliki kemampuan untuk membayar. Maka dari itu, ia Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dapat mengambil alih tunggakan pasien BPJS Kesehatan. “Kami sih berharap agar PemkotDepok mau membayarkannya. Makanya kita besok akan bertemu Wali Kota Depok untuk bahas masalah tunggakan itu,” tutur Maya.

Diutarakan Maya, selain itu, BPJS Kesehatan Depok dalam setiap tahun juga melakukan pembayaran untuk layanan kesehatan ke tingkat nasional yang mengeluarkan dana sebesar Rp 700 Miliar. “Maka itulah, ketika ada penunggakan dengan jumlah yang begitu banyak tentunya pasti akan berdampak,” pungkas Maya. (Meidya/Rus)

 478 total views

LEAVE A REPLY