Tidak Ada Larangan Transportasi Online di Depok

0
502

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak melarang keberadaan transportasi online di Depok. Menyusul, dikeluarkannya larangan transportasi online dari Dinas Perhubungan (Dishub) Propinsi Jawa Barat (Jabar). “Kami tidak ikut-ikutan mengeluarkan larangan. Tindakan ada larangan transportasi online beroperasi di Depok,” ujar Kepala Dishub Depok, Gandara Budiana, saat dihubungi, Sabtu (14/10/2017).

Gandara mengutarakan, Pemkot Depok masih berpegangan pada peraturan Wali Kota Depok nomor 11 tahun 2017 tentang Angkutan Orang dengan Sepeda Motor. “Salah satu bunyi dalam aturan tersebut cuma melarang transportasi online mengambil penumpang di jalan serta mengeluarkan larangan mangkal atau menunggu penumpang disembarangan tempat atau dipinggir jalan, terutama di jalan-jalan utama yang akan menimbulkan kemacetan,” tuturnya.

Kepala Seksi Angkutan Lintas Batas Dinas Perhubungan Kota Depok Akhmat Zaini menambahkan, peraturan Wali Kota Depok nomor 11 tahun 2017 tentang Angkutan Orang dengan Sepeda Motor mengatur transportasi online yang tidak boleh mangkal di badan jalan, trotoar, maupun lokasi lain yang mengganggu ketertiban umum.

“Penyedia transportasi online harus menyediakan tempat mangkal sendiri, bagaimana pun caranya. Bisa bekerja sama dengan pelaku usaha juga untuk menyediakan tempat mangkal ojek online,” ucap Zaini.

Selain itu, lanjut Zaini, ojek online tidak boleh beroperasi di sekitar terminal dan mengambil penumpang dari jalan yang dilalui angkutan kota (angkot).

“Contohnya, pengemudi ojek online tidak boleh mengambil penumpang di Jalan Margonda depan Balai Kota Depok. Namun, kalau pengemudi ojek online masuk ke lingkungan Balai Kota Depok, baru bisa mengambil penumpang,” papar Zaini. (Meidya)

 503 total views

LEAVE A REPLY