Pemkot Depok akan Tambah 20 Kelurahan Berpredikat Sadar Hukum

0
399
Jpeg

www.depoktren.com–Sebanyak 43 kelurahan di Kota Depok saat ini telah berpredikat sebagai Kelurahan Sadar Hukum (KSH). Sementara sisanya sebanyak 20 kelurahan lagi, terus diupayakan agar memenuhi kriteria sadar hukum lewat berbagai kegiatan sosialisasi dan penyuluhan.

“Dari 63 kelurahan yang ada di Kota Depok, baru 43 yang sudah mendapat predikat sadar hukum,” kata Kepala Bagian Hukum Kota Depok, Lienda Ratna Nurdiani usai membuka kegiatan Sosialisasi Sadar Hukum di Aula Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Depok, Kamis (12/10/2017) lalu.

Diutarakan Lienda, berbagai upaya dilakukan pihaknya, seperti memberikan penyuluhan ke seluruh kelurahan untuk peningkatan kesadaran hukum dan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok terkait optimalisasi capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di wilayah.

“Untuk kesadaran hukum memang kembali lagi ke masyarakatnya, namun kami memiliki tugas untuk mengupayakan semaksimal mungkin, agar masyarakat tahu mana kewajiban dan mana hak yang harus diperoleh,” tuturnya.

Menurut Lienda, untuk mendapatkan predikat sadar hukum, setiap kelurahan harus memenuhi enam kriteria, seperti tingginya pelunasan kewajiban membayar PBB, rendahnya pernikahan dini, rendahnya kasus narkoba, rendahnya angka kriminalitas, rendahnya angka putus sekolah, serta tingginya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan juga merupakan kriteria yang harus dipenuhi oleh tiap kelurahan.

“Enam kriteria tersebut harus dipenuhi setiap kelurahan, jika sudah terpenuhi maka kelurahan bisa mendapatkan predikat sadar hukum dengan diberikannya penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan dari Kemenkum HAM. Mudah-mudahan para aparat kelurahan tidak lelah memberikan motivasi dan semangat terkait kesadaran hukum pada warganya,” pungkas Lienda. (Meidya)

 399 total views

LEAVE A REPLY